Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mempercepat Artikel Terindeks Google, Cermati dan Ikuti!

tipsseo.net - Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging dan SEO mungkin sudah tahu cara mempercepat artikel terindeks Google dengan cepat tanpa backlink ini. Akan tetapi, bagi mereka yang pemula akan  mengalami beberapa masalah pada artikel website atau blog yang tidak terindex Google.

Sebenarnya cara agar artikel website kita terindex Google itu cukup mudah. Hanya memerlukan beberapa langkah agar hasilnya bisa  terindex pada halaman hasil pencarian Google, berikut ini trik atau langkah – langkah agar artikel terindeks google! 

cara mempercepat artikel terindeks google
indeks google

Pastikan Sudah Mendaftarkan Website di Google Webmaster (Console)

Google index merupakan database Google yang mana isinya adalah berbagai macam informasi dan halaman sebuah website. Dari database ini pula, Google dapat memperlihatkan berbagai hasil pencarian kepada pengguna. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa harus mendaftarkan artikel pada Google Webmaster.

Google sekarang ini menjadi penyumbang traffic terbesar dari Internet. Cara mempercepat artikel terindeks Google sebaiknya Anda mendaftarkan website di Webmaster agar dikenali Google. Tool ini bersifat gratis, jadi Anda hanya mendaftar dengan menyiapkan email saja. Adapun cara mendaftar di Google Webmaster sebagai berikut :

Langkah Pertama

Anda bisa akses ke website Google Search Console. Setelah itu login dengan akun email Google yang Anda miliki sebelumnya.

Langkah Kedua

Apabila sudah masuk ke dashboard Console, silahkan Anda pilih ‘Add property’. Kemudian Pilih pada ‘URL Prefix’, lalu masukan URL website dan klik ‘Continue’. 

Langkah Ketiga 

Silahkan Anda tentukan domain dan memasukkan URL domain, ada beberapa macam pilihan verifikasi yang bisa Anda dipilih, namun untuk paling cepat biasanya dengan mengupload file HTML script dengan ekstensi .html pada server hosting. Anda juga dapat memasukan HTML Tag tambahan pada template website setelah <head>.

Langkah Keempat

Verifikasi Google Search Console, apabila selesai silahkan klik ‘Verify’ dan tunggu hingga berhasil. Agar website Anda cepat terindex oleh Google, setiap kali posting artikel baru silahkan copy URL dan masukan di kolom submit pada bagian atas.

Langkah Kelima

Anda dapat melakukan Submit Console, setelah itu tekan enter dan klik ‘Request Indexing’, kemudian tunggulah sampai proses selesai.

Langkah Keenam    

Request Indexing, cara mengecek artikel sudah terindex atau belum silahkan buka Google Search, paste-kan URL artikel tadi kolom pencarian Google, apabila telah muncul berarti artikel Anda sudah terindex Google. Jika sebelumnya Anda sudah mendaftarkan website ke Google Console dengan benar, tidak butuh waktu yang lama untuk artikel bisa diindex oleh Google. 

Menambahkan Sitemap Website

Cara mempercepat artikel terindeks Google berikutnya adalah menambahkan sitemap website. Sitemap atau akrab disebut peta situs ini berfungsi untuk mempermudah robot crawler spider Google untuk melakukan index pada website. wajib Anda melakukan submit ke Search Console terdapat beberapa sitemap yang. Berikut cara membuat sitemap website:

Cara Pertama

Anda dapat login dahulu pada akun Search Console atau Webmaster. Jika dashboard Console telah muncul, Anda dapat melakukan scroll pada bagian tengah kemudian pilih menu ‘Sitemap’.

Cara Kedua

Anda dapat memasukkan ‘URL Sitemap’ ke website serta melakukan verifikasi sampai berhasil. Apabila Anda menggunakan plugin SEO WordPress seperti Yoast SEO, sitemap ini sudah ada tinggal submit URL saja ke halaman Console. Sebelumnya Anda harus memastikan URL telah di submit dengan statusnya selesai. cara mempercepat artikel terindeks Google ini tak boleh diabaikan.

Langkah Setelah Terindex

Beberapa orang beranggapan bahwa setelah artikel terindex di Google prosesnya sudah selesai. Namun ini hanyalah proses awalnya, Anda harus melakukan optimasi website agar dapat bersaing di halaman pertama pencarian Google dengan teknik SEO. Ada banyak metric yang harus Anda diperhatikan.

Mengenai masalah kecepatan website, yang paling menentukan yaitu server hosting yang Anda gunakan. Semakin bagus server berarti semakin cepat kecepatan website. Itulah cara mempercepat artikel terindeks Google yang dapat Anda gunakan agar Artikel Anda bisa berapa pada posisi pertama pencarian.