Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Web Blogspot yang Mudah dan Cepat Bagi Pemula

Cara Membuat Web Blogspot yang Mudah dan Cepat Bagi Pemula - Ingin tahu banyak hal seputar blogspot termasuk cara membuat webnya? Blogger atau yang biasa disebut Blogspot, hingga saat ini dikenal sebagai platform blog jadul alias jaman dulu. Platform blog ini cukup eksis sebelum tahun 2010, bahkan masih satu jaman dengan Friendster saat masih berjaya. Jauh sebelum, Whatsapp, Facebook dan Twitter populer seperti saat ini.

Namun meski tergolong lawas, ternyata Blogger masih memiliki banyak pengguna dan tetap eksis. Platform ini masih duduk di jajaran 10 besar CMS terpopuler versi Web Technology Surveys, setidaknya 0,8% website dibuat menggunakan Blogger. Salah satu alasan mengapa penggunaannya tetap diminati adalah Blogger menjadi platform blogging yang tersedia secara gratis.

Platform ini dirilis pertama pada tahun 1999 oleh Pyra Labs, lalu pada tahun 2003 Blogger diakuisisi oleh Google. Alasan inilah yang kemudian menjelaskan mengapa platform blog ini dapat terintegrasi dengan beberapa fitur. Di antaranya seperti fitur Adsense, Adwords, dan juga Google Analytics. Sehingga sangat wajar jika Blogger banyak dipakai, terutama karena kelebihan akun terintegrasi, kontrol, tampilan, serta jaminan keamanan. Inilah sebabnya banyak orang mencari cara membuat web blogspot.

cara membuat web blogspot

Cara Membuat Web Blogspot

Jika pada bahasan sudah dijelaskan apa saja kelebihan yang ditawarkan Blogger, kini akan dibahas mengenai cara membuat blogspot. Bagi anda yang masih pemula dalam dunia blogging, pastinya sangat ingin tahu bukan bagaimana caranya? Nah, supaya makin paham, sebaiknya simak cara dan penjelasan berikut ini.

1. Akses Website Blogger

Langkah pertama sebagai cara membuat web blogspot adalah dengan akses website-nya. Untuk membuat blogspot, Anda perlu mengakses website Blogger di link resminya. Ketika website sudah menampilkan halaman, Anda bisa klik tombol Create Your Blog untuk memulai.

2. Homepage Blogger

Setelah langkah pertama, Anda akan diarahkan untuk melakukan login ke akun Gmail. Inilah cara termudah untuk membuat akun Blogspot, yakni langsung saja masukkan username dan password untuk melanjutkan.

3. Login Google

Cara membuat web blogspot selanjutnya, Anda perlu melakukan konfirmasi profil blog dengan mengisi kolom yang tersedia. Isikan pula nama blog yang ingin ditampilkan pada website, kemudian klik “Lanjutkan” ke Blogger.

4. Pengaturan blogger

Setelah menyelesaikan langkah login di atas, Anda akan mendapati halaman “Selamat Datang” yang muncul pada website.

5. Membuat Akun Blogspot

Untuk lanjut cara membuat blogspot, Anda hanya perlu melakukan klik tombol Create New.

6. Membuat Blog

Jika anda telah menyelesaikan tahap di atas, cara membuat web blogspot selanjutnya Anda akan mendapat tampilan pop-up. Di bagian Title, masukkan judul blog yang ingin Anda kembangkan yang nantinya akan muncul di halaman depan blog. Lalu di bagian Address, masukkan URL yang ingin digunakan sebagai alamat blog yang akan secara otomatis akan diikuti dengan ekstensi .blogspot.com.

Di bagian Theme, silakan pilih tema yang ingin digunakan pada blog dan jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan maupun konsep. Setelah semua kolom tersebut diisi, kini tinggal klik “Create blog” dan Anda sudah mempunyai halaman Blogspot sendiri. Namun jangan khawatir, karena Anda juga bisa mengubahnya nanti bila dirasa kurang sesuai.

Selamat! Anda telah membuat website pertama Anda setelah registrasi website selesai. Namun cara membuat web blogspot ini tak lengkap tanpa membuat post atau halaman. Karena membuat blog saja tentu tidak cukup dan Anda perlu mengisinya dengan berbagai konten. Cara ini akan mengoptimalkan blog milik anda. Selamat mencoba!