Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas, Menarik dan untuk Page 1

tipsseo.net - Cara membuat artikel yang berkualitas sangat perlu dikuasai oleh penulis masa kini. Mengingat media digital saat ini sudah menjadi konsumsi sehari-hari oleh para pengguna internet. Mereka membutuhkan artikel sebagaimana memerlukan pengetahuan baru setiap harinya. Jadi bisa disimpulkan bahwa artikel merupakan bagian dari kebutuhan penting masyarakat dari berbagai latar belakang.

Artikel yang berkualitas ditandai dari keseluruhan isinya yang informatif. Tidak hanya berisi kalimat panjang dan kata yang banyak, artikel berkualitas akan memberikan pengetahuan yang mendalam kepada pembacanya. Sebenarnya cara membuat artikel yang berkualitas tidak selalu sulit. Hanya perlu pembelajaran tentang tekniknya kemudian membiasakan diri untuk terus menulis. Maka kemampuan menghasilkan artikel yang berkualitas akan semakin meningkat.

cara membuat artikel yang berkualitas
membuat artikel berkualitas

Inilah Cara Membuat Artikel yang Berkualitas

Untuk keperluan konten pada website atau blog pribadi, inilah beberapa cara menciptakan artikel yang berkualitas:

Langkah 1: Berikan Detail yang Mendalam

Untuk satu topik yang sedang menjadi banyak perbincangan, banyak orang yang akan mampu menghasilkan tulisan. Namun tentu tidak semua bisa memberikan kualitas pada tulisan tersebut. Cara membuat artikel yang berkualitas pertama adalah memberikan detail yang lebih mendalam. Mungkin artikel lain dalam topik yang sama hanya membahas sesuatu secara umum. Maka Anda harus membuat artikel yang Anda tulis lebih istimewa dengan informasi yang lebih lengkap.

Langkah 2: Gunakan Kalimat Efektif

Informasi yang detail bukan berarti harus dituliskan dalam kalimat panjang. Kalimat panjang seringkali hanya berisi basa basi yang ternyata akan membuang waktu pembaca. Hal demikian harus dihindari agar pembaca bisa merasakan pengalaman membaca yang nyaman dan menyenangkan. Lebih lanjut, gunakan selalu kalimat efektif yang tidak bertele-tele. Tempatkan kalimat secukupnya pada paragraf supaya pembaca tidak cepat jenuh.

Langkah 3: Buat Kerangka Tulisan

Cara membuat artikel yang berkualitas tidak bisa dilakukan tanpa rencana apalagi bagi pemula. Kerangka tulisan tetap harus dibuat. Tujuannya untuk membuat tulisan tersebut fokus. Kerangka tulisan akan membantu Anda dalam mengembangkan ide tanpa membuatnya melebar kemana-mana. Bahkan kerangka tulisan juga akan berguna jika penulis mendadak kehilangan ide. Tulisan yang dibuat dari kerangka tulisan yang sistematis akan menjadi informasi yang berkualitas.

Langkah 4: Perhatikan Ejaan dan Tanda Baca

Artikel yang berkualitas tidak hanya tentang isinya. Cara penulisan artikel juga menjadi indikator keberhasilan artikel tersebut untuk menarik minat baca. Karena itulah, Anda harus menguasai aturan tentang ejaan dan penggunaan tanda baca. Dengan penguasaan tersebut, artikel yang Anda tulis akan terlihat lebih rapi, membuat orang lain penasaran ingin membacanya hingga mereka bisa merekomendasikan kepada pembaca lain.

Langkah 5: Sertakan Data Valid

Informasi yang disertakan dalam sebuah artikel tidak boleh sekadar pendapat pribadi. Untuk meningkatkan kualitas, maka informasi dalam artikel harus merupakan data yang valid dan terbukti kebenarannya. Jadi pembaca akan memperoleh pengetahuan yang nyata dan bukan hanya gambaran dari pihak tertentu. 

Penulis yang sudah memang ahli dalam bidang tertentu akan mampu menjadikan artikelnya berkualitas. Namun jika bukan ahli, Anda bisa mempelajari banyak referensi untuk memaparkan data valid dalam artikel. Menyertakan data valid merupakan cara membuat artikel yang berkualitas dan sering dilupakan.

Langkah 6: Selalu Koreksi

Banyak penulis yang merasa sudah mahir menghasilkan artikel lalu melewatkan koreksi sebelum mempublikasikan. Padahal tahap koreksi tetap penting dilakukan sebaik apapun kemampuan menulis. Karena dalam menulis tidak jarang terjadi kesalahan kecil. Walaupun tidak akan terlalu mengganggu kualitas artikel, kesalahan kecil akan mempengaruhi kenyamanan pembaca.

Seperti itulah lima cara membuat artikel yang berkualitas. Selain dari segi konten, artikel yang berkualitas juga terbentuk dari cara menulis yang benar.