Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Membuat Artikel SEO Agar Website di Page 1

tipseseo.net - Cara membuat artikel SEO menjadi modal penting untuk mengurus website atau blog. Artikel yang memenuhi kaidah SEO akan membawa banyak manfaat bagi sebuah website atau blog. Pertama, artikel yang SEO friendly akan membuat website atau blog bisa muncul di peringkat atas mesin pencarian. Dengan begitu, maka akan semakin banyak pula orang yang mengakses website maupun blog tersebut hingga bisa mendatangkan traffic yang tinggi.

Sebenarnya siapa saja bisa menghasilkan artikel yang bagus dari segi konten. Namun ternyata tidak semua artikel bagus selalu memenuhi aturan SEO. Untuk dapat menulis artikel yang bagus sekaligus berpeluang muncul di posisi atas pada mesin pencarian memang perlu melalui proses pembelajaran tentang cara membuat artikel SEO. Banyak hal perlu dipelajari dalam cara-cara tersebut yang dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

cara membuat artikel seo
membuat artikel
 Inilah Cara Membuat Artikel SEO

Selain dengan menentukan topik dan kemudian menulis, artikel untuk blog atau website yang SEO friendly harus dibuat dengan cara-cara berikut:

Langkah 1: Gunakan Kata Kunci yang Paling Banyak Dicari

Kata kunci atau keyword menjadi hal pertama yang harus dipikirkan dalam cara membuat artikel SEO. Namun sebelumnya Anda perlu memahami siapa target audience agar bisa menentukan kata kunci yang tepat. Anda bisa memanfaatkan bantuan situs tertentu yang bisa memberikan rekomendasi kata kunci paling populer. Kata kunci yang digunakan tentu harus sesuai dengan isi artikel agar bisa menjawab ekspektasi pembaca.

Langkah 2: Lengkapi dengan Informasi yang Detail

Pengguna internet yang mencari informasi tertentu di mesin pencarian tentu berharap jawaban yang detail. Maka dari itu, artikel yang Anda buat harus memenuhi kriteria tersebut supaya pembaca puas dan sukarela membagikannya. Tidak hanya harus berisi jumlah kata yang banyak, setiap informasi dalam artikel harus disampaikan dengan berdasarkan fakta. Artikel yang mampu memenuhi kebutuhan pembaca akan mendapatkan perhatian khusus dari mesin pencarian.

Langkah 3: Perhatikan Kaidah Penulisan

Cara membuat artikel SEO tidak hanya dengan memperhatikan informasi dan banyaknya jumlah kata. Kaidah penulisan juga merupakan aspek yang harusnya menjadi perhatian utama saat menulis artikel untuk blog ataupun website. Artikel yang memenuhi kaidah penulisan akan menjadi konten yang nyaman untuk dibaca. Maka agar artikel lebih sempurna, jangan sampai tidak melakukan koreksi dan proses editing sebelum mempublikasikannya.

Langkah 4: Manfaatkan Link Internal maupun Eksternal

Cara membuat artikel SEO selanjutnya adalah memanfaatkan link internal dan eksternal. Meskipun tidak wajib ada, tidak ada salahnya menyisipkan link internal maupun eksternal dalam artikel SEO. Link internal berarti tautan yang menuju artikel lain di blog atau website yang sama. Sedangkan link eksternal merupakan tautan dari web atau blog lain. Keduanya akan menjadi alternatif bagi pembaca untuk tahu info lebih lanjut atau artikel lain yang berkaitan dengan yang sedang dibaca.

Langkah 5: Lengkapi Komponen Teknis

Saat semua persyaratan di atas sudah terpenuhi, artikel yang diharapkan bisa SEO friendly tidak bisa langsung diterbitkan. Anda perlu memperhatikan kelengkapan komponen teknis lainnya. Salah satunya dengan membuat judul yang sebaiknya berisi kata kunci. Tak ketinggalan, Anda juga harus mengatur heading dalam artikel. Kemudian tautan yang nantinya akan tertuju ke artikel tersebut harus memenuhi syarat, seperti jumlah karakter serta terdapatnya kata kunci.

Itulah lima cara menulis artikel SEO untuk website atau blog. Persaingan di mesin pencarian internet memang tidak sedikit dan akan terus bertambah. Jadi Anda harus sangat teliti dalam berbagai aspek untuk menghasilkan artikel yang nantinya bisa muncul di rekomendasi atas mesin pencarian internet.