Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Membuat Artikel di Blog yang Bisa Menarik Interaksi

tipsseo.net - Cara membuat artikel di blog ternyata cukup mudah dan praktis. Kemampuan membuat artikel di blog menjadi hal yang wajib dikuasai blogger baik pemula maupun yang sudah berpengalaman. Pasalnya artikel atau postingan merupakan nyawa pada blog. Artikel juga bisa disebut sebagai modal utama untuk mengembangkan blog. Tanpa artikel, sebuah blog tidak akan membawa manfaat bagi blogger sendiri maupun orang lain.

Setiap orang menciptakan blog dengan tujuan masing-masing. Ada yang hanya ingin menjadikannya media menulis. Akan tetapi jika menginginkan blog lebih dari sekedar tempat menulis, maka blogger harus memastikan bahwa apa yang ditulisnya bisa mengundang interaksi dari pembaca. Interaksi seperti komentar maupun ketersediaan pembaca menekan tombol share dari sebuah artikel akan membuat blog tersebut semakin berkualitas. Inilah cara membuat artikel di blog yang bisa Anda coba.

cara membuat artikel di blog
membuat artikel blog
Inilah Cara Membuat Artikel di Blog

Langkah-langkah di bawah ini merupakan cara membuat artikel di blog agar bisa menarik lebih banyak interaksi.

Langkah 1: Angkat Topik yang Sedang Ramai

Cara membuat artikel di blog yang bisa Anda coba yaitu dengan mengangkat topik dari apa yang sedang ramai dibahas banyak orang. Hal seperti itu tentu lebih mudah menarik perhatian orang daripada sesuatu yang sudah ketinggalan zaman. Artikel blog yang membahas tren saat itu memang akan membuat blog terlihat selalu baru. Orang juga akan selalu memburu informasi terkini karena mereka ingin menjadi yang paling awal tahu tentang sesuatu itu.

Ada banyak cara untuk menghadirkan artikel yang segar dan baru. Anda tentu harus banyak menggali informasi tentang apa yang sedang trend. Sumber pengetahuan sudah banyak tersedia dan mudah diakses. Anda bisa membaca media cetak seperti surat kabar hingga buku. Anda juga bisa mengakses internet untuk mendapatkan informasi yang lebih luas. Jadi terus kembangkan pengetahuan agar selalu bisa membuat artikel yang menarik.

Langkah 2: Berikan Detail yang Informatif

Ada yang mengatakan bahwa cara membuat artikel di blog akan lebih mudah jika penulisnya menguasai materi tentang topik tersebut. Anggapan demikian sepenuhnya benar sebab pengetahuan dan penguasaan penulis akan memberikan sentuhan berkualitas terhadap artikel. Tulisan yang dihasilkan tidak hanya akan berupa narasi tapi akan memberi informasi yang mendalam dan detail.

Pengalaman pribadi merupakan bekal penting untuk menghasilkan artikel yang sarat informasi. Namun jika tidak pernah mengalami, Anda bisa menggunakan referensi. Menulis detail tentang informasi tertentu bukan berarti harus memperbanyak jumlah kata. Meskipun jumlah kata juga sangat mempengaruhi nilai suatu artikel di blog.

Namun yang lebih penting adalah kualitas dari jumlah kata yang tertulis. Dengan kata lain, banyaknya kata harus efektif dalam menjelaskan informasi secara detail dan bukan malah berbelit-belit. Artikel yang memenuhi syarat ini akan membuat orang nyaman saat membacanya dan tidak sabar untuk membagikannya ke orang lain.

Langkah 3: Gunakan Materi Pendukung

Setelah memperhatikan jumlah kata dan kualitasnya, cara membuat artikel di blog agar mengundang interaksi juga harus dilengkapi pendukung. Tidak hanya tulisan, artikel perlu dilengkapi konten lain seperti foto, video atau infografis. Pasalnya pembaca akan mudah bosan jika hanya melihat tulisan panjang. Sehingga agar pembaca mau menghabiskan waktu untuk membaca sampai akhir, sisipkan ke dalam artikel konten-konten menarik yang tentu harus relevan.

Itulah tiga cara membuat artikel di blog yang bisa menaikkan tingkat interaksi. Dengan banyak berlatih menulis dan memperbanyak referensi, maka kemampuan Anda untuk menghasilkan artikel yang bagus akan semakin terasah.