Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Cek Keyword Populer dengan Tools Keyword yang Ampuh!

tipsseo.net - Untuk menentukan keyword apa yang akan digunakan dalam suatu artikel, maka Anda harus mengetahui cara cek keyword populer terlebih dahulu. Hal ini karena keyword yang optimal biasanya tergantung terhadap kepopuleran keyword tersebut. Artinya semakin banyak volume pecarian suatu keyword, maka semakin besar peluang keyword tersebut digunakan di artikel. 

Namun, tidak mudah untuk mengetahui keyword yang paling populer diantara keyword-keyword lainnya. Anda tidak bisa hanya dengan menebak kepribadian keyword apa yang paling populer. Dibutuhkan suatu alat atau program untuk mengetahui keyword-keyword populer lainnya. Salah satunya dengan melakukan riset keyword. Cara cek keyword populer dapat dilakukan dengan cara berikut ini!

cara cek keyword planner
tools keyword

Inilah Cara Cek Keyword Populer dengan Mudah 

Berikut beberapa cara riset keyword populer dengan beberapa tools yang bagus, diantaranya adalah :

1 . Riset Keyword dengan Google Keyword Planner

Salah satu tool yang sering digunakan untuk melakukan riset keyword adalah Google Keyword Planner. Sebelumnya Anda harus mengetahui apa saja yang biasanya diperhatikan dalam melakukan riset keyword. Hal-hal tersebut adalah volume pencarian, keyword suggestion, keyword difficulty, dan lain-lain. 

Dengan mengetahui hal-hal tersebut, Anda dapat memilih keyword mana yang paling sesuai
Dengan menggunakan Google Keyword Planner, Anda dapat melakukan riset keyword sebagai cara cek keyword populer dengan sangat mudah. Adapun cara melakukan riset keyword pada Google Keyword Planner adalah sebagai berikut:

  • Buka halaman Google Keyword Planner
  • Setelah Anda berhasil membuka halaman Google Keyword Planner, Anda tinggal memasukkan satu atau dua kata kunci. 
  • Tekan enter untuk mengetahui hasil analisis dari keyword yang Anda cari
  • Analisis hasil dari informasi keyword tersebut sehingga akan didapatkan keyword populer.

2. Riset Keyword dengan Ubersuggest

Riset keyword dapat dilakukan dengan menggunakan tool Ubersuggest. Ubersuggest adalah tool untuk memberikan analisis mengenai kata kunci yang sedang Anda cari. Anda dapat menggunakan Ubersuggest secara gratis. Cara melakukan riset keyword menggunakan Ubersuggest adalah:

  • Buka halaman Ubersuggest
  • Masukkan kata kunci yang ingin Anda ketahui hasil analisisnya
  • Setelah menekan Enter, akan muncul metrik-metrik informasi mengenai kata kunci yang sedang Anda cari.
  • Analisis dari informasi mengenai keyword tersebut dan pilihlah keyword yang terbaik.

3. Riset Keyword dengan Ahrefs

Cara cek keyword populer dapat menggunakan hasil riset keyword menggunakan Ahrefs. Ahrefs adalah tool riset keyword terbaik yang mampu memberikan informasi yang lengkap mengenai suatu kata kunci yang ingin Anda ketahui. Aplikasi ini memberikan hasil yang lebih lengkap karena Ahrefs merupakan tool riset keyword yang tidak gratis dengan biaya 99 dolar. Cara menggunakan tool Ahrefs dapat digunakan secara mudah yaitu sebagai berikut:

  • Bukalah halaman Ahrefs
  • Setelah berhasil masuk ke halamannya, masukkan kata kunci Anda
  • Hasil analisis mengenai kata kunci tersebut secara otomatis akan ditampilkan
  • Pilih keyword yang paling sesuai. 

4 . Riset keyword menggunakan Google Related Search

Riset keyword yang paling sederhana dan mudah adalah dengan menggunakan fitur Google Related Search. Secara tidak sadar, mungkin Anda telah melakukan cara ini. Adapun cara mencari keyword populer melalui Google Related Search adalah cukup dengan memasukkan beberapa kata di kolom pencarian Google. Google akan memberikan saran kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna. 

Itulah informasi mengenai cara cek keyword populer dengan menggunakan riset keyword keyword. Sebenarnya masih banyak tools riset keyword lain yang dapat Anda gunakan. Namun beberapa tool diatas dapat menjadi referensi tool yang dapat Anda gunakan. Selamat mencoba melakukan riset keyword dengan tools diatas.