Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Buat Blogspot Pribadi untuk Pemula

Cara Buat Blogspot Pribadi untuk Pemula. Blogspot adalah salah satu platfor­m untuk berkreasi menyampaikan gagasan, tempat promosi dan berbagai aktifitas digital lainnya yang digunakan untuk menunjukan diri kepada khalayak ramai. Blogspot itu sendiri merupakan turunan dari Google. Pada penggunaannya, blogspot cenderung lebih mudah dioperasikan terutama untuk pemula di dunia blog. Memiliki blog secara tidak langsung harus aktif berbagi sebuah tulisan yang menarik, berkualitas, dan bermanfaat untuk semua orang.

cara buat blogspot pribadi

Cara Buat Blogspot Pribadi untuk Pemula Menggunakan Smartphone

Membuat blog untuk pemula tentu akan bingung, namun semua itu dapat dengan mudah dipelajari dan tentunya belajar sambil praktik. Cara tersebut terbukti efektif dilakukan, karena membuat blogspot cukup menjanjikan untuk promosi jangka panjang. Bahasan kali ini akan membahas seputar membuat blogspot  untuk pemula. Berikut tata cara buat blogspot semudah mengoperasikan smartphone.

1.        Unduh aplikasi

Tahap pertama, cara buat blogspot pribadi, terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi blogspot di smartphone. Aplikasi yang tersedia untuk blogspot yakni Blogger.com. Aplikasi ini terlebih dahulu dapat diunduh di App Store atau Google Play Store. Memiliki aplikasi ini secara tidak langsung akan memudahkan untuk menulis dan aktif di blogspot kapan pun dan dimana pun. Aplikasi mudah didapatkan tanpa berbayar. Mendownload aplikasi ini cukup menyiapkan jaringan internet yang stabil.

2.        Masukan alamat email

Langkah selanjutnya, setelah aplikasi berhasil didownload, langkah selanjutnya adalah memasukan email untuk didaftarkan pada aplikasi blogspot. Memasukkan alamat email ini dalam rangka membuat akun blogspot, agar nantinya dapat digunakan. Apabila tidak memiliki akun email, maka terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran akun blogspot, terlebih dahulu untuk membuat email.

3.        Sign up dengan email

Apabila download aplikasi dan membuat akun blogspot telah berhasil dilakukan. Maka cara buat blogspot pribadi selanjutnya adalah sign up dengan email dan memasukan password. Cara ini digunakan agar nantinya blogspot tidak hanya dapat diakses pada smartphone, namun dapat diakses pula menggunakan komputer dengan terlebih dahulu memasukkan alamat blogspot dan paswordnya.

4.        Edit profil

Mengedit profil adalah hal penting yang harus ditulis pada akun blogspot. Nantinya profil tersebutlah yang akan muncul dan dapat dilihat para pengunjung blogspot. Mengedit profil alangkah baiknya jika disesuaikan dengan profil yang sejujurnya. Agar kedepan pengunjung blogspot mengetahui dan mengetahui latar belakang penulis pada akun blogspot tersebut. Tidak harus profil secara lengkap, namun cukup menggunakan profil yang pada umumnya orang boleh mengetahui.

5.        Tulis alamat blog dan judul blog

Cara buat blogspot pribadi yang terpenting adalah alamat blog dan judul blog. Nantinya alamat blog inilah yang akan dikunjungi berbagai pembaca blog. Pastikan dalam membuat alamat blog masih berhubungan dengan profil atau dapat pula berhubungan dengan topik isi blog yang akan dibuat. Untuk judul blog yang nantinya menjadi topik atau tema isi tulisan dalam blog tersebut. Untuk itu pastikan judul blog sesuai dengan isi. Tentu akan terlihat lucu jika judul blog berhubungan dengan hal make-up, namun isi blog tersebut banyak membahas seputas dunia memasak.

6.        Pilih desain template

Apabila alamat dan judul blog telah selesai, maka tahap selanjutya sebagai tahap akhir adalah memilih desain template. Desain template inilah yang akan menjadikan tampilan blog pada saat dibaca oleh pengunjung blog. Pilihlah template desain yang sesuai dengan yang disukai agar menambah semangat dalam menulis blog. Pilihan desain ada banyak pada akun blogspot. Template dapat diubah apabila mulai bosan.

Setelah akun blogspot telah siap, maka blog tersebut telah siap untuk digunakan. Memiliki akun blog agar banyak pembacanya, maka harus membuat tulisan yang menarik dengan bahasa yang mudah dipahami. Dengan begitu akan banyak pengunjung yang membaca tulisan pada blog tersebut. Semoga tahapan cara buat blog pribadi di atas dapat bermanfaat. Konsisten dalam menulis maka akan membuahkan hasil dikemudian hari.