Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Artikel Terindex di Google Dengan Cepat dan Mudah Dilakukan!

tipsseo.net - Cara artikel terindex di google bukanlah hal yang sulit jika anda mengetahui caranya. Anda yang memiliki artikel di internet pasti menginginkan artikel anda terindex oleh google. Tentu saja supaya situs blog atau situs artikel anda laku, maksudnya tidak akan dibaca oleh peselancar internet.

Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia blogger pasti sudah memahaminya. Namun bagi yang pemula, anda pasti membutuhkan cara artikel terindex di google dengan mudah. Nah, simak penjelasan berikut ini agar anda paham dan langsung bisa mempraktekkannya langsung pada blog. 

cara artikel terindex di google
google search console

Perhatikan Cara Artikel Terindex di Google dengan Cepat

Perhatikan langkah-langkahnya dengan baik. Berikut ini cara supaya artikel anda terindex di google: 

1. Buat akun di google webmaster

Sebelum anda melalui cara artikel terindex di google, lakukan proses ini dulu. Pastikan sudah memiliki akun di google webmaster. Jika belum terdaftar, maka anda harus daftar dulu ke sini https://www.google.comwebmaster/. 

2. Koneksikan website dengan search console 

Setelah itu koneksikan website anda dengan google search console. Google search console adalah tools google yang berfungsi untuk memonitoring kinerja website. Dengan menggunakan tools ini anda dapat mengidentifikasi halaman yang paling banyak dikunjungi. 

Dalam proses indexing, fungsi utama google search console yaitu untuk melihat seberapa sering google melakukan crawling terhadap website anda. Selain itu tools ini juga dapat melihat index error yang mempengaruhi ranking website pada hasil pencarian.

3. Kirimkan sitemap ke google search console

Tahap cara artikel terindex di google selanjutnya adalah mengirim sitemap ke google console. Hal ini dilakukan supaya google dengan mudah memahami isi website anda. Ada dua sitemap yang harus anda buat, yaitu XML dan HTML. Sitemap XML ditujukan untuk mesin pencari, sedangkan HTML merupakan daftar halaman yang ditujukan untuk pengunjung website anda.

Buatlah sitemap dengan cara mendaftar di laman Google search console. Caranya, masuk ke beranda google search console. Lalu pilih menu “sitemaps”. Setelah itu tambahkan file “sitemaps.XML” lalu klik tombol submit. Jika anda berhasil maka akan muncul status “success”. Jika belum muncul, tunggulah hingga proses berhasil.   

4. Update artikel dan Riset persaingan kompetitor

Kompetitor pasti ada, maka dari itu cara artikel terindex di google harus anda perhatikan dengan cermat. Termasuk meriset persaingan kata kunci dan kompetitornya. Meskipun artikel anda belum terindex oleh google, teruslah untuk tetap mengupload atau menerbitkannya. Dengan rutin mengupdate (menerbitkan) maka akan dapat mempercepat cara artikel terindex di google.

5. Pastikan jumlah kata lebih dari 300 kata

Jika artikel anda kurang dari 300 kata, maka anda harus mengeditnya sampai lebih dari 300 kata. Karena, lebih banyak kata makin cepat website artikel anda terindex. 

6. Dapatkan backlink berkualitas

Tahukah anda backlink untuk apa? Backlink membantu google menemukan website anda. Backlink adalah link yang terdapat di website lain yang mengarah ke website anda. Maka dari itu, jika anda memiliki backlink yang berkualitas dan banyak semakin mudah google menemukannya.
Lakukan langkah ini:

  • Buka google search console
  • Salin URL anda, lalu masukkan di “ periksa semua URL..” lalu tekan ENTER
  • Halaman Inspeksi URL akan muncul. Klik button “minta pengindeksan”
  • Tunggulah proses yang sedang berlangsung kurang lebih 1-2 menit.
  • Akan muncul “pengindeksan diminta” klik “ok”
  • Jika halaman sudah terindex, maka link pada halaman inspeksi URL akan berubah menjadi “minta lagi” yang semula “minta pengindeksan”.

Untuk memastikannya silahkan cek di google, ketik website anda sesuai dengan format “site:url-anda”.
Demikian penjelasan cara artikel terindex di google, jika anda melakukan tahap-tahap dan tips-tps dengan benar maka anda akan berhasil. Tidak hanya itu, ketekunan anda untuk tetap produktif menulis juga akan mempermudah google mengindex artikel anda.