Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penting, Simak 4 Cara Artikel Cepat Terindex Google Ini!

tipsseo.net - Cara artikel cepat terindex Google merupakan tahap penting untuk membuat sebuah blog semakin eksis di kalangan pengguna internet. Tidak ada gunanya pembuatan sebuah blog jika setelahnya tidak terindex Google. Blog hanya akan tercipta tanpa pernah dikenal pengguna internet karena tidak akan muncul di hasil pencarian. Jadi bukan hanya pembuatan konten secara konsisten untuk membuat sebuah blog bisa eksis, tapi juga harus disertai index Google.

Google Index diartikan sebagai database yang dimiliki Google dan berisi kumpulan informasi halaman situs. Dari database itu, Google mampu menampilkan hasil pencarian yang diinginkan penggunanya. Sehingga artikel yang sudah terindex Google akan terkumpul dalam database yang sewaktu-waktu akan dimunculkan jika ada yang mencarinya. 

cara artikel cepat terindex google
google search console

Inilah Cara Artikel Cepat Terindex Google

Tahap ini sering dilewatkan blogger karena alasan belum terlalu paham caranya atau menganggap terlalu sulit melakukannya. Padahal tidak sulit meminta Google untuk mengindex artikel dari blog. Agar artikel dalam blog Anda terindex Google dengan cepat, terapkan langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Masuk ke Google Search Console

Cara artikel cepat terindex google yang pertama adalah dengan mendaftarkan di Google Search Console. Google menghadirkan tool khusus yang berguna bagi blogger atau pemilik website agar artikelnya terindex oleh Google. Tool yang bernama Google Search Console ini bisa dipakai secara gratis. Anda tinggal membukanya di browser lalu masuk menggunakan alamat email yang masih aktif.
Jika sudah pernah mendaftar, maka Anda hanya perlu login. Inilah tahap menggunakan Google Search Console:

  • Pada dashboard Search Console, pilih ‘Add property’.
    Pilih URL Prefix lalu masukkan URL blog Anda dan tekan ‘Continue’.
  • Lakukan verifikasi cara mudah dengan mengunggah file HTML script dengan ekstensi .html ke server hosting. Anda juga bisa memasukan HTML Tag tambahan pada template website setelah <head>. Klik ‘Verify’ dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Selanjutnya tempelkan link artikel yang sudah disalin pada kolom submit pada bagian atas tampilan dashboard Search Console.
  • Dengan menekan enter maka proses pemeriksaan oleh Search Console akan berjalan. Pemeriksaan ini akan melihat apakah artikel bisa di index Google atau tidak.
  • Proses sebelumnya biasanya memakan waktu beberapa saat. Saat sudah dinyatakan bisa diindex, klik pilihan ‘Request Indexing’. Proses ini hanya memakan waktu beberapa menit asal blog sudah terdaftar di Google Search Console.

Untuk memeriksa apakah artikel sudah benar-benar diindex Google, Anda bisa langsung menempelkan salinan URL artikel dari blog Anda. Jika hasil pencarian Google menunjukkan hasil yang mengarah pada blog Anda, maka artikel sudah berhasil terindex.

Langkah 3: Maksimalkan Link Internal

Setelah berhasil melakukan cara artikel cepat terindex Google, maka Anda masih perlu melakukan beberapa upaya optimasi yang lain. Salah satunya dengan memperbanyak link internal. 

Memaksimalkan link internal pastinya cukup mudah karena Anda tinggal memasukkan link artikel dari blog sendiri alias tidak perlu mencari link blog lain. Cara ini memudahkan Googlebot memahami hubungan antar halaman di blog Anda.

Langkah 4: Buat Kategori Konten

Selain harus mengisi blog dengan artikel berkualitas secara konsisten, cara artikel cepat terindex google adalah dengan mengklasifikasikan konten berdasarkan kategori tertentu. Tidak hanya untuk memudahkan pengunjung blog, kategori konten juga akan membuat Googlebot mampu menjelajahi blog secara lebih efisien. Dengan adanya kategori juga akan membuat Googlebot lebih mudah memahami konten yang mirip.

Tool khusus memudahkan cara artikel cepat terindex Google. Namun setelahnya Anda masih harus melakukan usaha lain yang akan memaksimalkan kerja Google dalam mengindex artikel dan blog secara keseluruhan.