Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Agar Blog Tampil di Halaman Pertama Google yang Ampuh

tipsseo.net - Cara agar blog tampil di halaman pertama Google menjadi pengetahuan yang penting diketahui. Tampilnya sebuah blog di halaman awal Google menjadi sebuah pertanda bagus. Pemilik blog bisa mendapatkan keuntungan mulai dari popularitas hingga pundi-pundi uang. Apabila sebuah blog bisa terus bertahan di peringkat atas hasil pencarian Google, maka semakin lama popularitasnya akan semakin meningkat.

Meskipun sebenarnya ada cara agar blog tampil di halaman pertama Google, namun tidak semua blogger bisa menerapkan cara tersebut. Cara yang dilakukan membutuhkan konsistensi agar hasilnya bisa dirasakan. Biasanya ini menjadi masalah bagi blogger pemula yang masih kesulitan untuk mempelajari pola agar blog bisa muncul di halaman pertama Google. Sebenarnya cara yang bisa dilakukan tidak ada yang sulit, selama mau bersabar dan menikmati setiap prosesnya.

cara agar blog tampil di halaman pertama google
blog tampil di page 1 google

Inilah Cara Agar Blog Tampil di Halaman Pertama Google

Setelah Anda berhasil membuat blog baik versi gratis maupun sudah membayar top level domain, segera terapkan cara agar blog tampil di halaman pertama Google di bawah ini.

Langkah 1: Ketahui Indikator yang Ditetapkan Google

Sebelum mengetahui cara membuat blog bisa tampil di halaman pertama Google, terlebih dahulu ketahui indikatornya. Jika indikator itu dipenuhi maka langkah untuk membuat sebuah blog muncul di halaman awal Google akan semakin mudah. Beberapa indikator yang paling umum menyangkut teknis pembuatan blog seperti pemilihan template dan kecepatannya. Sementara indikator lain seperti harus rajin menghadirkan konten berkualitas berkaitan dengan konsistensi.

Langkah 2: Pastikan Kecepatan Akses Blog

Bagi semua pengguna internet, kecepatan merupakan kunci kepuasan. Sebuah situs yang sangat lambat ketika diakses tentu akan menghasilkan pengalaman tidak menyenangkan bagi pengguna. Kecepatan loading blog juga ternyata indikator penting yang harus dipenuhi agar blog bisa muncul di peringkat atas Google. 

Itu termasuk cara agar blog tampil di halaman pertama Google yang harus diperhatikan. Beberapa kiat bisa dilakukan untuk mempercepat loading blog seperti tidak menempatkan file pendukung yang ukurannya terlalu besar. Jika memang ukurannya terlalu besar, maka bisa dikompres.

Langkah 3: Buat Menjadi Mobile Friendly

Aktivitas penggunaan internet melalui perangkat mobile kian meningkat. Fakta tersebut mengharuskan blogger masa kini harus membuat blognya menjadi mobile friendly. Baik dari segi tampilan maupun kecepatan harus mendukung pengalaman pengguna versi mobile. 

Apalagi kecepatan akses blog dengan versi mobile sekarang juga menjadi penentu rangking di Google. Cara agar blog tampil di halaman pertama Google bisa dimulai dengan memilih template yang bersahabat dengan pengguna perangkat mobile.

Langkah 4: Manfaatkan Google Analytics maupun Google Search Console

Anda perlu melakukan evaluasi rutin untuk melihat performa blog di Google. Google Analytics akan membantu Anda melakukan evaluasi tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Google Search Console untuk proses ini. Tool ini akan menampilkan beberapa informasi penting mengenai blog seperti konten populer, kinerja situs di perangkat mobile hingga ada atau tidaknya link yang rusak. Dari evaluasi ini, Anda kemudian dapat memperbaiki kesalahan dan meningkatkan kualitas.

Langkah 5: Konsisten Menerbitkan Konten Berkualitas

Kunci yang tak kalah penting untuk membuat blog semakin populer di Google adalah dengan konsisten memposting konten berkualitas. Konten berkualitas bisa dihasilkan dari riset kata kunci populer dan memenuhi indikator artikel yang SEO friendly. Dari segi isi, konten berupa artikel pada blog juga harus memenuhi standar minimal jumlah kata serta tersedianya data yang valid.

Kelima cara agar blog tampil di halaman pertama Google jika dilakukan dengan benar dan konsisten akan membuahkan hasil. Anda kemudian bisa merasakan manfaat dari blog yang muncul di halaman awal Google.