Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Blogspot vs Wordpress – Mana yang Lebih Baik?

Blogspot vs Wordpress – Mana yang Lebih Baik? Banyak manfaat yang bisa didapat dari aktivitas blogging. Inilah yang kemudian membuat keterampilan yang stau ini semakin populer dan diminati, bahkan bagi kalangan muda. Selain dapat mengasah kemampuan menulis, keterampilan ini rupanya juga dapat memberikan passive income. Lhoh kok bisa? Tentu bisa, karena salah satu fungsi blog memungkinkan anda bisa dapat penghasilan melalui penayangan iklan.

Keuntungan dari aktivitas blogging memang menggiurkan. Namun, untuk mencapai tujuan tersebut perlu ketelatenan dan ketekunan yang luar biasa. Anda pun tidak salah jika memilih nge-blog hanya untuk senang-senang maupun sebagai branding diri saja. Lalu, langkah apa yang pertama kali harus dilakukan? Tentunya adalah membuat blog.

Selama ini, ada dua platform blogging yang populer dan diminati oleh para blogger, yakni blogspot dan wordpress. Jika anda bingung hendak memilih platform yang mana, anda dapat gunakan beberapa pertimbangan mengenai kelebihan masing-masing platform. Selengkapnya, uraian mengenai kelebihan blogspot vs wordpress akan dibahas pada paparan berikut ini.

blogspot vs wordpress

Kelebihan Blogspot vs Wordpress

Tidak mustahil jika anda merasa kebingungan ketika hendak memilih antara blogspot atau wordpress. Ini karena kedua tools tersebut sudah lama dikenal sebagai platform yang user-friendly. Sehingga anda pun tidak perlu merasa khawatir akan kesulitan ketika mengoperasikannya. Akan tetapi, tentunya ada hal mendasar yang bisa dijadikan pertimbangan mana yang anda pilih. Berikut ini adalah beberapa kriteria yang dapat anda jadikan pertimbangan.

Kemudahan pengelolaan

Sampai saat ini, blogger menjadi platform yang sangat simpel ketika anda ingin membuat blog. Ini karena untuk mendaftar, anda hanya memerlukan akun google dan anda pun bisa mendaftar hanya dalam hitungan menit. Sehingga tak khayal jika platform yang satu ini sangat diminati oleh pemula. Meski begitu, bukan berarti jika wordpress sulit dalam pengelolaannya. Sebab wordpress adalah platform yang sangat intuitif. Sehingga jika ditanya mana antara blogspot vs wordpress yang paling ramah untuk pemula, maka jawabannya adalah blogspot.

Pengaturan situs

Pertimbangan kedua ialah pengaturan situs. Jika membicarakan kemudahan membuatnya, maka blogger adalah juaranya. Untuk membuat laman baru pun bisa anda lakukan dalam beberapa kali klik saja. Namun, ketersediaan fitur maintenance pun juga patut menjadi pertimbangan mengapa anda harus memilih wordpress. Sebab blogger tidak menyediakan fitur yang satu ini.

Sebaliknya, dalam beberapa hal blogger lebih unggul dibandingkan dengan wordpress. Kemudahan mengutak-atik tab setting pada blogger misalnya. Selain itu, blogger juga lebih mudah jika anda ingin memonetisasi blog anda. Dengan catatan jika blog anda sudah memenuhi kriteria untuk memasang Google Adsense. Sehingga hal ini pun perlu dijadikan pertimbangan ketika hendak mendaftar blogspot vs wordpress.

Kemampuan / performa

Tidak dapat dipungkiri jika seringkali visitor akan batal membuka blog anda karena loading yang lama. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan lamanya loading halaman blog anda. Di antaranya adalah penggunaan gambar yang tidak anda kompres, maupun terlalu banyaknya widget yang anda pasang. Nah, untuk mengantisipasinya, sebaiknya anda memilih tema yang sederhana. Untuk blogger, masalah performa bukan lagi perkara. Sebab platform hosted yang satu ini didukung oleh blogger.

Kemudahan customisasi

Untuk kriteria yang satu ini, wordpress lebih unggul dibandingkan blogger. Ini karena anda tidak dapat mengustom banyak hal dari tema blogger yang cenderung itu-itu saja. Sehingga anda barangkali hanya dapat mengubah beberapa hal mendasar dari template blogger yang ada. Sementara di wordpress, anda akan dapat pengalaman yang berbeda. Sebab dengan mengaktifkan beberapa plugin, anda pun bisa mengatur tampilan situs anda secara total. Menarik, bukan? Karenanya, kemudahan customisasi menjadi kriteria untuk anda pertimbangkan ketika memilih blogspot vs wordpress.

Nah, demikianlah paparan mengenai kelebihan blogspot vs wordpress yang harus anda ketahui. Dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria tersebut, anda bisa mengira-ngira platform mana yang lebih mudah dan menguntungkan anda.