Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ketahui 6 Cara Belajar Nulis Artikel Blog yang Bisa Page 1

tipsseo.net - Belajar nulis artikel blog memang bisa dibilang susah dan juga gampang. Dalam prosesnya pasti diperlukan pertimbangan dan persiapan untuk menulis sebuah informasi. Untuk menulis artikel itu sendiri diperlukan banyak sekali hal yang dipertimbangkan, salah satunya ada;ah kemampuan menulis.

Menulis artikel untuk blog juga bisa mendatangkan keuntungan bagi Anda yang menulisnya. Nah bagi teman-teman yang mau tau atau bahkan sudah aktif nulis di blog bisa banget buat baca artikel ini buat tahu tips and trik nulis blog. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak apa saja yang harus dilakukan biar tulisan enak dibaca!

belajar nulis artikel blog
nulis artikel

Inilah Cara untuk Belajar Nulis Artikel Blog

Simaklah pembahasan ini untuk pemahaman yang lebih jelasnya:

1. Menulis seperti ngomong sama temen 

Salah satu cara belajar menulis artikel blog yaitu dengan menulis seperti sama teman sendiri. Menulis dengan gaya bahasa yang baku jelas menjadikan tulisan kita jadi membosankan, karenanya usahakan agar tulisan kita asyik untuk dibaca. Oleh karena itu ketika kita menulis blog cobalah untuk menulis seperti berbicara dengan teman sendiri. 

2. Paham dengan topik yang ditulis 

Paham dengan apa yang kita tulis akan menjadikan tulisan kita lebih enak untuk dibaca. Maka dari itu untuk belajar nulis artikel blog kita harus paham dulu tentang apa yang mau kita tulis. Jika kita paham dengan materi yang akan ditulis dengan sendirinya tulisan kita akan terlihat lebih baik, dan juga berbobot. 

3. Jangan bertele-tele

Ketika menulis sesuatu memang diperlukan kata-kata pembuka atau basa-basi, namun jika terlalu panjang itu akan membuat pembaca malas membaca tulisan kita. Maka dari itu ketika belajar menulis artikel blog cobalah untuk menghindari kesan bertele-tele. 

4. Melibatkan pembaca

Jika teman-teman membaca sebuah tulisan dengan informasi yang menarik, itu pasti akan mengundang rasa pengetahuan kita. Apalagi jika kita sebagai pembaca dilibatkan dalam tulisan tersebut, itu akan menjadi poin plus bagi tulisan tersebut. 

Karena ketika pembaca merasa ikut terlibat dalam tulisan, ia akan merasa betah dan nyaman ketika membaca blog kita. Maka dari itu, dalam belajar nulis artikel blog usahakan untuk selalu melibatkan pembaca dalam setiap tulisan teman-teman. 

5. Menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami

Ketika kita menulis sebuah blog, temen-temen pastinya ga bisa nebak siapa aja yang baca tulisan kita. Apakah mereka seorang pelajar, pekerja kantoran, atau bahkan ibu-ibu rumah tangga yang gak gaul. Untuk menghindari kesulitan dalam memahami tulisan kita, maka gunakanlah kalimat dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh semua orang. Dengan begitu pembaca akan merasa nyaman dan mudah memahami ketika membaca informasi yang kita tulis. 

6. Tulislah paragraf yang singkat tapi padat

Dalam belajar nulis artikel blog ada lagi yang perlu dipahami, yaitu menulis kalimat dengan singkat tapi jelas. Usahakanlah ketika menulis setiap paragrafnya tidak lebih dari 3 sampai 5 baris. Karena paragraf yang terlalu panjang akan membuat pembaca menjadi malas dan membuat mata cepat lelah.
Gunakan subheading, bullet point, dan gambar

Tulisan yang menarik bukan hanya berisi informasi kekinian atau trending. Informasi yang menarik akan kalah dengan format tulisan yang diunggah dengan baik. Misalnya ketika menulis informasi tertentu gunakan subheading dan bullet point untuk membuat tulisan mudah untuk dibaca. Selain itu teman-teman juga bisa menambahkan gambar sebagai pemanis. 

Itulah beberapa cara belajar nulis artikel blog yang dapat diterapkan. Dapat disimpulkan bahwa menulis sebuah artikel blog yang keren bukanlah hal yang mudah dilakukan, tetapi juga bukan hal yang sulit. Kita hanya perlu terbiasa untuk membuat blog, dengan sendirinya kita akan terbiasa dan bisa membuat blog yang keren.