Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Belajar Menulis Blog Bagi Pemula, Mudah Dilakukan!

tipsseo.net - Dunia literasi adalah hal menarik bagi sebagian orang terlebih yang baru belajar menulis blog. Melalui kegiatan literasi, seseorang dapat dengan bebas menulis apapun ide dan gagasan yang dimilikinya. Saat ini Anda dapat dengan mudah menulis sesuatu dan dapat dibaca oleh orang banyak. Salah satunya dengan memposting tulisan Anda di sebuah situs atau blog. 

Menulis di suatu blog memang terasa sangat menyenangkan. Apalagi melalui tulisan tersebut, Kita justru dapat menghasilkan uang. Siapa yang tidak merasa senang jika kegiatan yang awalnya digunakan sebagai hobi justru dapat menghasilkan tambahan pendapatan. Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara belajar blog bagi pemula agar lebih menarik.

belajar menulis blog
menulis blog

Inilah Cara Belajar Menulis Blog Bagi Pemula

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mahir menulis blog meskipun pemula, diantaranya adalah:

1. Tentukan Fokus Tulisan 

Hal yang pertama kali saat belajar menulis blog adalah menentukan fokus tulisan yang akan Anda sajikan di blog personal Anda. Dalam hal ini banyak topik yang dapat Anda pilih misalnya blog khusus untuk review suatu produk yang dapat diklasifikasikan lagi menjadi review produk skincare, produk elektronik, produk otomotif, produk alat kesehatan, produk alat rumah tangga dan lain-lain. 

Anda juga dapat memilih untuk fokus menulis resep makanan, tutorial untuk membuat sesuatu, dan tema-tema lainnya. Usahakan agar apa yang Anda tulis adalah sesuatu yang Anda pahami sehingga Anda akan elbih mudah untuk dapat menjelaskan dan menulis topik tersebut. Hal ini akan mempermudah caar penyampaian Anda ke semua orang yang membaca tulisan Anda.

2. Pilih Hosting 

Anda tidak akan bisa membuat tulisan pada sebuah blog jika belajar menulis blog dan punya hosting blog tersebut. Maka dari itu Anda harus mendaftar agar mendapatkan hosting. Hosting dapat diperoleh secara gratis maupun berbayar. Jika Anda ingin menggunakan hosting gratis, Anda dapat menggunakan blogspot, wordpress, dan hosting gratis lainnya. 

Namun jika Anda ingin mendapatkan kesan lebih profesional, maka disarankan agar Anda membeli hosting berbayar agar terlihat profesional. Selain itu hosting berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap daripada hosting gratis sehingga Anda lebih mudah untuk memaksimalkan blog yang Anda miliki. 

3. Posting Secara Rutin 

Jika Anda sudah memiliki hosting, maka Anda dapat mempost artikel atau tulisan Anda. Namun Anda harus membuat perencanaan yang matang mengenai tulisan yang akan Anda posting. Misalnya, Anda harus merencanakan berapa kali dalam seminggu Anda akan memposting tulisan Anda. Jadwal yang teratur, akan memudahkan pembaca tulisan Anda untuk dapat mengingat jadwal blog Anda. 

Selain itu Anda harus secara rutin dan teratur memposting artikel di blog Anda. Jangan terlalu lama untuk meninggalkan blog Anda dan tidak mempost apapun di blog. Hal ini karena pengunjung blog Anda mungkin akan beralih pada blog lain jika Anda secara tidak rutin mempost tulisan di blog Anda.
Maksimalkan Target Pengunjung

Cara belajar menulis blog selanjutnya adalah dengan meningkatkan target pengunjung. Jumlah pengunjung menjadi salah satu hal yang penting jika Anda ingin agar tulisan di blog Anda menghasilkan uang. Maka dari itu Anda dapat meningkatkan kualitas dari blog Anda dengan memaksimalkan tampilan dan menambahkan gambar-gambar yang menarik agar pengunjung yang membaca tulisan Anda akan betah untuk berlama-lama di blog Anda. 

Selain itu Anda juga harus rajin melakukan promosi mengenai blog yang Anda tulis. Anda dapat melakukan promosi sederhana melalui media sosial seperti Instagram, facebook, dan lain-lain. Selain itu Anda dapat memaksimalkan SEO pada artikel Anda agar menjadi yang pertama kali muncul ketika seseorang mencari topik bahasan yang Anda tulis. 

Nah ituh cara belajar menulis blog bagi pemula yang dapat Anda terapkan. Membangun blog memang membutuhkan usaha yang besar dan dibutuhkan kesabaran serta ketelatenan. Namun jika Anda berusaha, maka pasti Anda akan berhasil. Tetap semangat dalam membangun blog Anda.