Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Kerja SEO dalam Mesin Pencarian Google? Ini Jawabannya!

Bagaimana Cara Kerja SEO dalam Mesin Pencarian Google? Ini Jawabannya! - Penasaran apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya dalam mesin pencarian? Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh mereka yang baru saja memulai aktivitas blog, namun belum paham penggunaannya. Perlu anda ketahui, bahwa dengan menerapkan sejumlah langkah optimasi SEO tersebut dapat membuat website atau blog lebih mudah dalam mendapatkan ranking tinggi pencarian Google.

SEO ini sebenarnya memberikan banyak manfaat bagi para pemilik website atau blog, tergantung dari tujuan pembuatannya. Contohnya saja seperti website affiliate yang menggunakan teknik SEO. Website SEO ini akan mampu meningkatkan penjualan produk affiliate, begitupun untuk website jualan online. Bahkan sebagian konsumen akan terus kembali ke website tersebut untuk melakukan pembelian.

Website akan lebih ramai pengunjung yang tertarget dengan kata kunci tepat yang digunakan. Pelanggan yang mengunjungi website pun, secara tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan Anda sebagai publisher. Lantas bagaimana cara kerja SEO sendiri dalam memberikan manfaat bagi website? Bagi anda yang masih baru dalam dunia blog atau pembuatan website, perhatikan penjelasan berikut 

cara kerja SEO

Cara Kerja SEO dalam Mesin Pencarian

1. Crawling

Cara kerja yang pertama adalah crawling atau Perayapan yang merupakan suatu proses pengambilan semua halaman web yang terhubung di situs web tersebut. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler, spider atau Google Bot dalam mesin pencarian Google di internet.

2. Indexing

Cara kerja SEO selanjutnya yakni dengan indexing yang merupakan proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang telah diambil dan disimpan sebagai database. Data ini bisa ditemukan pada mesin pencari yang pada dasarnya merupakan proses identifikasi. Proses identifikasi terkait kata, tulisan, ataupun deskripsi yang menjadikan halaman masuk pada sistem database mesin pencarian.

3. Processing

Cara kerja sistem SEO yang ketiga adalah processing, di mana mesin pencarian menerima permintaan dari pengguna. Contohnya yaitu ketika mengetikkan kata kunci “cara kerja dari seo” di mesin pencarian. Secara otomatis, mesin pencarian tersebut akan melakukan proses pembanding kata kunci “cara kerja dari seo” dari berbagai situs web. Situs yang muncul adalah yang telah terindeks pada database mesin pencarian Google.

4. Calculating Relevancy

Cara kerja SEO yang keempat adalah calculating relevancy. Ketahuilah bahwa dalam satu halaman web pasti mempunyai lebih dari kata kunci yang sudah dimasukkan dalam data base mesin pencarian. Seperti halnya pada kata kunci “teknik seo” yang memungkinkan mesin pencarian melakukan proses perhitungan relevansi. Proses dilakukan dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima oleh Google.

5. Retrieving Result

Yang terakhir dalam kerja SEO di mesin pencarian, yakni mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci. Kata kunci yang telah diproses tersebut akan tampil pada daftar hasil mesin pencarian yang ada di browser anda. Semakin baik teknik SEO yang digunakan, kemungkinan besar laman website akan muncul di laman teratas atau laman pertama mesin pencarian.

Ketahuilah bahwa setiap bulannya, mesin pencarian seperti Google akan melakukan pembaharuan terkait algoritmanya. Pembaharuan ini bertujuan supaya hasil pencarian yang tampil memang menampilkan hasil yang tepat sesuai cara kerja SEO dan kata kunci yang dimasukkan sebelumnya.

Sebenarnya, prinsip dasar dari sistem pencarian di mesin pencari sama saja di semua platform. Akan tetapi, algoritma relevansi-lah yang membedakan hasil mesin pencari di setiap platform seperti Google maupun Yahoo. Sehingga anda pun harus memperbarui pengetahuan cara kerja SEO anda sesuai algoritma yang dibutuhkan.

Post a Comment for "Bagaimana Cara Kerja SEO dalam Mesin Pencarian Google? Ini Jawabannya!"

Berlangganan via Email