Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari? Begini Penjelasanya!

Cara Kerja  Mesin Pencari, sebagian dari kita mungkin telah familiar dengan mesin pencari, mungkin juga hampir semuanya paham dan mengerti dengan  benar apa itu mesin pencari, karena sekarang  mesin pencari sudah menjadi teman hidup yang benar-benar memudahkan.
Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara kerja mesin pencari. Seperti apa prosesnya? Mari kita bahas dibawah ini!

Bagaimana Cara Kerja  Mesin Pencari? Begini Penjelasanya!

Cara Kerja  Mesin Pencari
Artikel ini merupakan salah satu dari Modul pembalajaran SEO Untuk Pemula kamu bisa membaca artikelnya disana, agar lebih mengerti tentang apa itu SEO dan cara menggunakanya!

Sejarah Mesin Pencari

Oke, mari kita bahas. Sebelumnya kita akan belajar sejarah dari mesin pencari, seperti biasanya untuk belajar sesuatu itu kita harus mengetahui sejarahnya terlebih dahulu.
Sejarah dari mesin pencari inidiawali pada tahun 1990 dimana lahir sebuah program dengan nama “Archie” dimana kita dapat mengakses dan mencari file dari sebuah halaman web. Menarik bukan?
Lebih detail tentang Archie kamu bisa membaca artikel saya yang membahas tentang Sejarah SEO Search Engine Optimization Dan Perkembanganya singkat cerita, perkembangan mesin pencari semakin besar, hingga pada tahun 1998 Google mulai diluncurkan dan sudah dapat digunakan oleh publik.
Google, saat ini menjadi raksaksa mesin pencari dan paling banyak digunakan. Belum lagi penjelmaan google melalui androidnya membuat semua orang hampir menggunakan google, hampir diseluruh dunia. selain google mesin pencari lainnya adalah Bing, Yahoo!, dan Baidu. Pada dasarnya, mesin pencari bekerja dengan cara yang hampir sama, yaitu :
  • Memberikan Akses untuk publik menemukan sesuatu
  • Kemudian memproses “keyword” atau kata yang ingin di cari pengguna
  • Setelah itu, mesin pencari akan menampilkan hasil penarian yang paling relevan
Penjelasan diatas hanya dasar dari fungsi mesin pencari yah, detailnya mari kita bahas dibawah!

Bagaimana Cara Kerja  Mesin Pencari?

crawling (penelusuran/penjelajahan)

Pada tahap ini, mesin pencari akan melakukan penjelasahan lebih dari trilliunan halaman dan dokumen yang ada di internet. Perlu kamu tau, bahwa mesin pencari selalu melakukan crawl ke website yang terpercaya dan bekualitas, dari website yang dianggap terpercaya ini nantinya mesin pencari  akan menemukan link yang menuju website lain. Penjelajahan crawl mesin pencari terus belanjut sampai pada link-link website terakhir.

Indexing (pengindeksan).

Hal ini yang sering diributkan oleh para blogger zaman sekarang, sulitnya mengindexs website mereka di mesin pencari. Apa sih sebenarnya indeks ini?
Indeks adalah  daftar raksaka dari semua halaman web dan konten yang ditemukan oleh mesin crawl sebelumnya, halaman web dan konten yang ditemukan itu akan disimpan kedalam list database dari mesin pencari.
Dimana nantinya akan digunakan mesin pencari sebagai informasi yang akan ditampilkan pada halaman pencarian, ketika ada orang yang mencarinya,
Kamu tau, kenapa website yang kamu buat tidak bisa tampil dihalaman pencarian? Itu karena website kamu belum di”indeks” oleh mesin pencari. Kenapa bisa seperti itu?
Karena mesin pencari hanya menampilkan data dan dokument dari website yang sudah di index sebelumnya.

Ranking (Peringkat)

Huh, ini juga merupakan hal yang paling diributkan oleh blogger zaman now, karena memang semua orang ingin websitenya memiliki Ranking atau peringkat yang baik di mata mesin pencari.
Pada tahap ini, mesin pencari akan melakukan hal rahasia dalam menjalankan ranking. Iya rahasia karena itu tidak ada yang tahu bagaimana mesin pencari melakukan proses ranking. Tapi ada beberpa teori yang menyebutkan bahwa Ada ratusan cara mesin pencari menentukan peringkat, seperti :
  • Jumlah situs-situs lain yang menghubungkan ke sana, dan
  • Konten terbaru.
Dalam prosesnya, mesin pencari akan memberikan ranking dan nilai kepada jutaan website yang dianggap relevan. Sehingga hasil pencarian yang ditampilkan mesin pencari akanselalu akurat sesuai dengan apa yang ingin kamu cari. Lalu bagaimana caranya agar website kita mendapatkan rangking dari mesin pencari? Caranya adalah dengan melakukan hal-hal dibawah ini :
  • Kita harus memastikan bahwa judul halaman postingan kita memiliki kata kunci yang relevan dan menggunakan url postingan yang relevan dengan kata kunci yang deskriptif atau yang dapat menjelaskan isi artikel.
  • Kamu mungkin, perlu menempatkan kata kunci yang relevan pada artikel yang dibuat.
  • Mengganti “Alt Text” juga nama file yang kamu gunakan didalam artikel, juga mengganti deskripsi gambar dengan kata kunci.
Apa manfaat dari tiga hal yang saya sebutkan diatas? Tentu saja untuk membuat website kita mudah di cari dan di index oleh mesin pencari, dimana hal ini dapat membuat website kita mudah mencapai page one dengan gemilang!
Oke, sekian artikel dari saya tentang  Bagaimana Cara Kerja  Mesin Pencari? Begini Penjelasanya! Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mencari informasi yah!