Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Teknik Juara Artikel SEO Friendly Agar di Halaman Pertama Google

tipsseo.net - Artikel SEO friendly merupakan artikel berkualitas sesuai dengan standar SEO. Menulisnya tentu saja butuh keahlian khusus untuk membuatnya. Beberapa website yang masuk dalam halaman pertama pencarian merupakan website populer, merupakan hasil dari penulisan dengan teknik yang ramah SEO.

Website-website tersebut dianggap Google mampu menjawab informasi yang sedang dicari. Banyak orang yang penasaran mengapa website tersebut masuk di halaman pertama pada mesin pencarian Google. Bagaimana triknya agar masuk dalam mesin pencarian Google. Berikut penjelasannya.

artikel seo friendly
content is king
Pengertian

Yuk kupas tuntas tentang artikel SEO friendly. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Tapi sebelumnya ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan artikel secara umum. Jadi artikel adalah tulisan non fiksi yang ditulis dengan memperhatikan kaidah-kaidah kepenulisan. Dengan banyak kata tertentu dan memang sengaja dibuat untuk dibaca atau diterbitkan di media. Bisa di media online maupun di media cetak.

Contohnya dapat dipublikasikan lewat website, majalah online, koran, buletin, dan masih banyak lagi. Penjabaran berdasarkan fakta dan data juga disampaikan dalam artikel agar mudah dipahami. Tujuannya untuk menginformasikan, menghibur, mendidik, dan harus dapat meyakinkan para pembacanya.

Nah apabila kaidah-kaidah yang benar telah dipenuhi, ditambah menggunakan teknik SEO, maka hasilnya adalah artikel SEO friendly. Artikel tersebut dapat menjadi artikel populer dan kemungkinan besar dapat tayang di halaman pertama mesin pencarian Google.

Tips Membuat Artikel yang Sesuai Standar SEO

Perhatikan tips praktis membuat artikel ramah SEO:

1. Banyak kata

Memang ada berbagai pendapat mengenai artikel yang memenuhi syarat sebagai artikel SEO friendly. Yaitu artikel  yang memenuhi banyak kata tertentu. Kenapa harus dengan banyak kata tertentu?

Ya karena diperlukan sebuah artikel yang baik atau artikel yang menjelaskan tentang sesuatu dengan lebih mendalam. Biasanya jumlah kata berkisar minimal 500 kata sampai 700 atau 1000 kata. Artikel yang terlalu pendek tentu tidak dapat menjabarkan suatu topik dengan lebih akurat.

2. Diperjelas dengan Gambar atau Video

Dalam artikel SEO friendly, setidaknya ada 500 kata atau ada 1 gambar yang sesuai dengan tema yang ditulis. Gambar memang dapat membuat ketertarikan yang lebih, dibandingkan artikel tanpa gambar. Selain itu dapat lebih mudah menghubungkan dengan artikel yang dibaca. Sehingga pemahaman akan lebih dalam.

3. Peletakan Keyword yang Tepat

Keyword pada artikel SEO friendly sebaiknya ditaruh pada bagian judul, URL, meta deskripsi, meta judul. Satu lagi keyword dapat digunakan pada gambar dengan menggunakan alt tag. Tergantung kebutuhan juga, keyword dapat diletakan pada sub heading 2, sub heading 3, dan selanjutnya.

4. Tautan Dalam dan Tautan Luar

Artikel SEO memiliki tautan dalam dan tautan luar. Tautan dalam adalah tautan yang menghubungkan satu artikel dengan artikel lainnya dalam website yang sama. Bisa juga menghubungkan tentang informasi mengenai pemilik website, atau kontak pengelola yang dapat dihubungi

Tautan luar pada artikel SEO friendly adalah tautan yang menghubungkan artikel website dengan website lainnya yang bonafit atau terpercaya. Misalnya ketika ada artikel website yang berhubungan dengan bantuan kemanusiaan. Maka dapat dicantumkan dengan menaruh tautan sebuah lembaga kemanusiaan non profit yang telah diakui kinerjanya.

Gunanya agar mesin pencari akan mengenali dan lebih percaya pada informasi yang diberikan pada artikel tersebut. Selain itu artikel akan dianggap oleh mesin pencari sebagai artikel yang relevan atau ramah SEO. Sebabnya pencarian terhubung dengan website resmi dan terpercaya.

Manfaat Artikel SEO Friendly

Dapat menambah jumlah pengunjung suatu website, meningkatkan kepercayaan publik pada website yang bersangkutan. Lebih banyak mendatangkan calon buyer, dan membantu optimasi website secara menyeluruh.

Setelah mengetahui trik membuat artikel SEO Friendly, kini saatnya Anda mempraktekkannya. Tentunya demi keberhasilan bisnis secara signifikan. Memang butuh waktu untuk dapat tampil pada halaman pertama search engine Google. Namun jangan kuatir, dengan ketekunan maka yakinlah bahwa apa yang diusahakan berhasil.