Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Link Building : Pengertian, Cara dan Manfaatnya Untuk Optimasi SEO

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas sediki tentang Link Building ini. Seperti yang saya janjikan pada artikel kali ini kita akan membahas habis Link Building : Pengertian, Cara dan Manfaatnya Untuk Optimasi SEO. Artikel ini merupakan salah satu dari ModulPembalajaran Seo Untuk Pemula kamu bisa membaca berbagai macam artikel lainnya disana untuk menambah pengetahuan kamu tentang SEO.

Link Building : Pengertian, Cara dan Manfaatnya Untuk Optimasi SEO

Apa itu Link Building

Pengertian Link Building

Jika kita ambil pengertian sederhananya, Link Building bisa diartikan sebagai sebuah teknik yang dapat membuat blog lain bersedia atau mau untuk menautkan link website kamu di blognya. Alasan terkait hal tersebu bisa jadi karena website kamu  berisi konten yang menarik atau karena kamu menjalin kerjasama dengan orang itu.

Masih bingung? Simplenya Link Building adalah aktifitas dimana kita membangun backlink kita sendiri dengan “gratis” baik melalui PBN (Private Network Blog) kita ataupun menjadi guest post di blog orang lain. Btw, apa itu PBN (Private Network Blog)? Kita bahas pada artikel selanjutnya yah!

Manfaat Link Building Untuk Website kita

Manfaatnya? Mari kita lihat pengertian dari link building itu sendiri, maka bisa kita simpulkan bahwa manfaat dari link building adalah untuk menaikan ranking website kita, apa sih Ranking Website itu? Kayaknya harus dibahas diartikel terpisah juga nih!

Simplenya adalah jika website kita banyakn dijadikan refrensi oleh blog lain, maka mesin pencari akan menganggap blog kita memiliki kualitas dan layak untuk dimunculkan kehalaman pertama pencarian.

Kalau contoh dalam kehidupan sehari-harinya sih, kita adalah orang yang menjadi rujukan banyak orang mengenai sesuatu masalah. Misalnya kita ahli dalam bidang matematika maka ketika ada teman yang bermasalah dengan pelajaran itu, maka setiap orang akan menunjukan dan merujukan orang tadi kepada kita. Sampai sini sudah paham? Kalau belum kita bahas pada artikel tentang Ranking Website nantinya yah!

Atau kamu ingin segera membangun link building sekarang? Sebelum membangunnya kamu bisa memperhatikan 3 hal utama yang saya rangkum dibawah ini :

Terlihat Alami atau Natural

Selalu pastikan link building yang kamu buat tetap telihat alami dan natural, jangan pernah membuat link building yang hanya digunakan untuk menipu mesin pencari saja. Karena mesin pencari semacam google sudah memilih algoritma yang tangguh jadi tidak bisa di tipu dengan cara-cara yang recehan. Lalu bagaimana solusinya?

Yah, seperti yang kata nyatakan tadi, kamu harus membuat link building dengan alami dan  natural, kamu harus benar-benar harusmelakukanya dengan kehati-hatian. Jangan hanya karena ingin mengejar ranking yang bagus, kamu langsung memasang backlink ribuan. Itu akan sangat mencurigakan, dampaknya akan sangat besar dan yang paling buruk adalah website kamu mungkin akan didepak dari hasil pencarian.

Jadi untuk mendapatkan link building yang bagus, kamu mesti melakukanya secara bertahap dan menanamkan link kamu di website-website yang berkualitas. Agar website kamu dapat tempat spesial dimata mesin pencari.

Berasal Dari Website Berkualitas

Yah, kamu mungkin masih bingung yang dimaksud website berkualitas itu seperti apa sih? Dibawah ini adalah ciri-ciri dari website yang bekualitas :

  • Memiliki trafik yang cukup tinggi
  • Aktifitas dan interaksi diwebsitenya cukup hidup atau update
  • Tidak ada unsur spam
  • Mengandung konten-konten yang berkualitas.

Point yang saya sampaikan diatas bsia menjadi rujukan kamu sebelum menanam backlink di website orang lainnya, hal ini dilakukan agar website kamu mendapatkan backlink yang bekualitas.

Berasal Dari Website Dengan Topik Serupa

Sebelum memutuskan untuk membangung link building pastikan dulu kamu sudah survei website mana saja yang memiliki topik atau pembahsan yangsama dengan website kamu.

Sebagai contoh, jika website kamu memiliki pembahasan tentang kuliner. Kmau bisa mencari website yang membahas tentang kuliner juga untuk mendapatkan backlink. Atau kamu bisa menanam backlink di portal berita yang membahas kuliner dan travel, masih dirasa relevan.

Jadi intinya, website kita mesti memiliki topik yang sama dengan website yang ingin kita tanam baclinknya.

Oke, setelah mengetahui 3 aturan utama sebelum membangun link building, dibawah ini kamu akan mempelajari bagaimana caranya membangn link building.

Cara Membangun Link Bulding

Cara untuk membangun link building itu sangat mudah  sekali, jika dibandingkan teknik SEO yang lain link building benar-benar mudah dilakukan dan memiliki manfaat jangka panjang, berikut dibawah ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun link building :

  • Kamu bisa memulainya dengan membuat artikel dan tips yang bermanfaat
  • Kemudian bagikan artikel tersebut ke forum yang relevan dengan artikel yang kamu buat, tapi ingat! Jangan spam!
  • Selanjutnya kamu bisa aktif dan berkontribusi pada forum yang relevan dengan pembahasan artikel yang kamu buat.
  • Sosial media managment sangat diperlukan dalam menjalankan link building, kamu mesti bergabung dan menjalin relasi dengan netizen lain yang memiliki ketertarikan yang sama dengan topik yang kamu buat.
  • Yang terakhir kamu bisa mulai aktif menulis di blog atau website yang membahas topik yang sama dengan artikel yang kamu baut.

Nah, kamu sekarang sudah tau kan tentang  Apa itu Link Building : Pengertian, Cara dan Manfaatnya Untuk Optimasi SEO, kebutuhan link building dalam optimasi SEO sangat dibutuhkan yah! Jadi jangan main-main dengan link building apalagi menipu mesin pencari dengan teknik recehan! Semangat!