Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Niche Blog : Cara Menentukan Niche Blog Yang SEO Friendly!

Kenapa saya harus sering membahas SEO pada setiap artikel yang saya buat? Karena memang artikel ini dibuat untuk melengkapi Modul Pembelajaran Seo Untuk Pemula kamu bisa memba artikel yang lebih lengkap dengan membaca modulnya yah. Mari kita bahas artikel nya!
Untuk mempelajari Seo lebih dalam, kamu harus tau terlebih dahulu bahwa Niche atau topik blog adalah hal pertama yang mesti banget kamu pelajari. Kenapa seperti itu? Karena niche blog merupakan ujung tombak suatu blog, dalam artian niche blog adalah arah kemana blog kita akan dibangun, masih bingung? Mari kita bahas lebih detail tentang Niche Blog, dibawah ini!

Apa itu Niche Blog : Cara Menentukan Niche Blog Yang SEO Friendly!

Cara Menentukan Niche Blog

Apa itu Nice Blog ?

Seperti yang saya bahas secara singkat tentang niche blog, bahwa niche blog adalah topik dari keseluruhan yang blog kita buat, apa sih topik itu? Topik adalah tema atau pembahasan yang kita angkat pada blog yang kita buat! Masih bingung? Contohnya seperti ini.
Kamu membuat blog, dengan rincian sebagai berikut : 
  • Judul Blog = Android Now!
  • Isi Artikel = membahas segala tentang Android
Nah, jika kita melihat rincian diatas, bisa ditebak kan niche blog kamu apa? Yap benar, Teknologi! Dalam dunia blogging ada beberapa niche yang sangat populer dan banyak digunakan, berikut daftarnya : Finance, Kuliner, Parenting, Wisata & Travel, Teknologi, Beauty (Kecantikan) , Game Online, Edukasi, Otomotif, Kesehatan.
Perlu kamu tau juga, Niche dalam sebuah blog akan sangat berpengaruh pada banyak hal, terutama pada faktor yang sedang kita bahas, yaitu SEO. Pada pembahasan artikel ini saya akan berfokus pada pengaruh niche terhadap optimasi SEO, untuk beberapa hal lainnya akan saya jelaskan pada artikel yang lebih detail.
Mungkin timbul pertanyaan seperti, apakah membuat blog dengan beberapa niche digabungkan itu baik, misalnya saya membuat blog dengan niche  kesehatan, teknologi, resep makanan, download, dan lain-lain dijadikan satu?
Hal ini sebenarnya wajar terjadi, tapi saya pribadi tidak menyarankan untuk membuat blog dengan niche campuran seperti itu, kenapa seperti itu? Karena itu berpengaruh terhadap optimasi SEO mari kita bahas lebih detail, pada pembahasan selanjutnya!

Pengaruh Niche Blog Terhadap Optimasi SEO

Jika kita ingin membuat blog yang SEO Friendly, dan mudah terindex oleh mesin pencari maka menggunakan satu niche khusus adalah hal yang sangat baik, karena niche campuran cenderung memiliki citra buruk di mata SEO.
FYI algoritma goole sekrang sudah dapat menganalisa setiap halaman dari bloh kita, dan dapat menyimpulkan niche blog kita.  Masih bingung? Mari saya berikan sedikit penjelasan!
Sebagai contoh sederhana, kita ambil contoh seperti diatas, yaitu membuat sebuah blog dengan niche “Adroid”  dan kamu membuat postingan dengan kosisten dengan niche android, lalu setiap artikel yang kamu buat memiliki kualitas yang baik dan memang banyak yang membutuhkanya. Maka mesin pencari akan memberikan peringkat untuk website kamu, setelah sebelumnya mesin pencari melakukan beberapa hal dibawah ini :
  • Mesin pencari akan melakukan analisa pada setiap postingan yang kita buat
  • Setelah menganalisa, mesin pencari goole akan memberikan kepercayaan website kita dengan menaikan website kita dengan menggunakan keywrord tertentu yang masih berhubungan atau relevan dengan Android.
  • Setelah itu? Tentu webstie kita akan memiliki ranking atau peringkat yang baik. Dan kita akan selalu berada di page one google, karena semakin baik ranking website kita semakin baik pula posisi kita di hasil pencarian.

Cara Menentukan Niche Blog SEO Friendly!

Caranya, saya yakin kamu bisa mencerna dari pembahasan artikel diatas, atau jika masih belum bisa di mengerti.  Saya akan membuat artikel  tentang Cara Menentukan Niche Blog SeoFriendly khusus untuk kamu.
Oke, sekian artikel dari saya tentang Apa itu Niche Blog : Cara Menentukan Niche Blog Yang SEO Friendly! Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yah!