Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah SEO Itu Ilmu Yang Tidak Pasti Atau Ilmu Pasti?

Banyak yang sering menanyakan perihal ini kepada saya, dan jawaban saya selalu mengarah bahwa SEO itu Ilmu pasti yang berubah-ubah! Loh.. loh bukanya ilmu yang berubah-ubah itu ilmu yang tidak pasti yah? Sebentar, mari saya jelaskan sedikit.

SEO, saya katakan merupakan ilmu pasti karena memuat beberapa hal yang memang merupakan prinsip dari ilmu pasti, dan berubah-ubah karena memang kita tahu sendiri SEO merupakan teknik yang memiliki alur perubahan sendiri menurut update algoritma google. Sebelum itu, mari kita cari tahu terlebih dahulu karakteristik dari ilmu pasti itu seperti apa.

Apakah SEO itu ilmu yang tidak pasti Atau Ilmu Pasti?

Apakah SEO Itu

Melansir dari Wikipedia, Ilmu pasti adalah ilmu yang memiliki  Jawaban Mutlak, mari kita lihat karakteristik IlmuSE dibawah ini :

  • SEO memberikan jawaban yang mutlak, yaitu untuk menjadi yang pertama di pencarian google
  • Ilmunya diterapkan dari zaman kuno sampai modern
  • Ilmu dari Seo dapat diterapkan dari zaman Kuno (Penemuan pertama SEO) sampai zaman modern sekarang ini!

Jadi sekarang kita sudah tau jelas yah bahwa Seo adalah Ilmu pasti, terkait dengan update Algoritma google yang akhirnya membuat teknik SEO berubah-ubah itu tidak lantas membuat SEO menjadi ilmu yang tidak pasti.

Jika kita tetap mengambil kesimpulan bahwa Seo bukanlah ilmu pasti dengan pernyataan diatas, maka bagaimana kita menjelaskan matematika yang memiliki berbagai cara untuk dapat menghasilkan sebuah nilai? Apakah nanti matematika juga disebut merupakan ilmu yang tidak pasti karena memiliki banyak perubahan dalam prosesnya? Tentu tidak kan!

Oke, sekarang mulailah belajar SEO dengan penuh keyakinan. Karena dengan begitu kamu akan mendapatkan pengalaman dan pelajaran lebih dari apa yang kamu pelajari!

Masih belum puas dengan jawaban saya diatas? Mari kita bahas lebih luas lagi dibawah ini!

Google merupakan mesin pencari yang dijalankan dengan algoritma dimana, algoritma ini akan menentukan, memilih dan menyortir berdasarkan peringkat website pada hasil pencarian. Itu artinya berarti pemilihan website yang tampil dihalaman pencarian bukanlah hasil acak yang diatur algoritma tapi hasil dari penyortiran dengan berdasarkan peringkat dari sebuah website.

Dengan metode ini, google akan dapat memilah dan memilih website mana yang memiliki peringkat tinggi dan mana website yang harus menerima pinalti. Jadi sekali lagi bahwa Seo itu ilmu pasti yah!

Sudah mengerti tentang SEO? Sekarang mari kita belajar bagaimana cara meningkatkan peringkat website kita,  kita akan bahas dibawah ini!

Cara Meningkatkan Peringkat Website

Optimasi Website Versi Mobile

Tips ini menjadi yang pertama saya sampaikan, karena  tips yang satu ini memang sangat penting. Kenapa seperti itu? Karena google sudah menerapkan sistem  indeks Mobile-First jadi penting untuk kamu memperhatikan dan melakukan test mobile friendly. Untuk memastikan website kamu sudah mobile friendly atau belum

Lakukan SEO Audit

Audit, selalu ada dalam setiap kegiatan baik online maupun offline. Kamu mesti mepelajari dasa-dasar Seo untuk mengetahui apa saja yang mesti diperbaiki dan di audit. Pada kasus ini sebagai contoh google kurang menyukasi website yang memiliki navigasi yang buruk. Maka kamu bisa mengubah navigasi website kamu agar lebih nyaman untuk digunakan oleh pengunjung.

Perbaiki Waktu Loading

Yah! Semua tau, bahwa kecepatan loading sebuah website sangat di utamakan oleh mesin pencari dan juga pengunjung. Kamu mesti memonitor kecepatan website, baik itu kecepatan loading di desktop ataupun mobile.

Lalu bagaimana caranya agar bisa meningkatkan kecepatan loading? Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini!

Ukuran File Gambar

Ukuran gambar mempengaruhi sekali terhadap kecepatan loading, jadi pastikan kamu tidak menggunakan gambar yang terlalu besar. Kamu bisa menggunakan Photoshop untuk menghasilkan gambar khusus untuk website yang berukuran kecil dengan kualitas yang baik, pada artikel selanjutnya mungkin kita akan membahas sedikit tentang cara membuatnya.

Perbaiki Link Rusak

Jangan pernah biarkan blog kamu berisi link rusak, baik itu eksternal maupun internal link. Kenapa seperti itu? Karena Baik link eksternal maupun internal memiliki pengaruh yang sangat besar terkait dengan peringkat website kita pada hasil pencarian.

Jangan pernah abaikan link yang sudah rusak, karena itu akan berpengaruh besar terhadap pengalaman pengunjung. Jika banyak link yang rusak dalam blog kita, maka siap-siap bounc rate kita akan sangat tinggi!

Buat Anchor Text yang Sesuai

Perhatikan selalu penggunakan anchor text, walaupun terlihat sepela. Sebenarnya anchor text memiliki pengaruh yang besar juga terhadap optimasi SEO, dimana anchor text yang kita gunakan untuk membangun link akan sangat berpengaruh positif.

Hal itu terjadi jika anchor text link kita ditunjukan sesuai dengan link yang dituju, seperti misalnya anchor text kita adalah Learning English dan linknya merujuk ke alamat website penyedia layanan kursus bahasa inggris, intinya Anchor text yang relevan, sangat bagus untuk SEO.

Oke, berikut diatas adalah artikel dari saya tentang Apakah SEO itu ilmu yang tidak pasti Atau Ilmu Pasti? Semoga artikel ini bisa membantu kamu yah!