Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

500 Atau 1000 Kata? Mengetahui Jumlah Kata Artikel SEO yang Ideal

500 Atau 1000 Kata? Mengetahui Jumlah Kata Artikel SEO yang Ideal – Membuat sebuah konten untuk blog tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Konten artikel yang ditulis haruslah menarik minat pada awalnya, memberikan informasi yang berguna bagi pengunjung atau bersifat menghibur, dan isinya tidak membosankan.

Konten yang berbobot dari sebuah website dapat meningkatkan jumlah pengunjung. Hal ini sangat bagus untuk menaikkan peringkat website yang Anda miliki. Pertanyaannya adalah apakah artikel yang berbobot itu harus berupa tulisan panjang? Atau cukup berupa artikel bertulisan pendek saja? Mari simak penjelasannya berikut ini.


 jumlah kata artikel SEO


Jumlah kata artikel SEO
yang digunakan sangat tergantung pada jenis artikel yang Anda tulis. Secara garis besar terdapat pembagian jenis artikel berdasarkan jumlah kata. Berikut adalah jenis artikel tersebut:

1.    Artikel dengan jumlah 300-400 kata

Jumlah kata ini adalah standar minimal untuk menulis artikel untuk SEO. Artikel yang memiliki jumlah kurang dari 300 kata akan diidentifikasi sebagai postingan sampah oleh mesin pencarian semacam Google. Artikel ini akan langsung dihapus karena dianggap hanya untuk mendapatkan posisi atas di daftar pencarian dan tidak mempunyai isi yang relevan.

Jumlah kata artikel SEO sebanyak 300-400 kata biasanya hanya berisi informasi yang singkat dan tidak terlalu mendetail. Artikel ini sangat cocok untuk pengunjung yang ingin mendapatkan informasi secara cepat dan praktis. Mereka hanya perlu membaca selama 1 hingga 2 menit untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

2.    Artikel dengan jumlah 500-800 kata

Artikel dengan jumlah 500-800 kata biasanya bersifat informasi atau edukasi. Artikel jenis ini sering dipilih sebagai konten iklan sebuah produk yang mengandung informasi. Kemas konten dengan kalimat yang baik dan berikan informasi yang berguna agar pembaca tertarik untuk terus membacanya.

Jumlah kata artikel SEO sebanyak 500-800 kata sangat cocok untuk pembaca yang menginginkan informasi lebih detail. Anda bisa menulis aneka tips, cara, ataupun panduan untuk konten artikel jenis ini. Apabila Anda menulis dengan jumlah kata yang sedikit, maka pembaca bisa menganggap artikel ini kurang berbobot dan dapat dipastikan akan segera pindah ke halaman yang lain.

3.    Artikel dengan jumlah 800-1000 kata

Artikel dengan jumlah 800-1000 kata memberikan informasi yang sangat detail. Bila berupa tips atau panduan, artikel harus berisi langkah-langkah dan tiap langkah harus disertai dengan keterangan yang lengkap. Berikan pembahasan yang cukup dalam mengenai topik yang diangkat dan bentuk artikel bisa berupa listing ataupun poin-poin.

Utamakan Kualitas Artikel daripada Jumlah Kata Artikel SEO

Berdasarkan uraian di atas, dapat dilihat bahwa setiap artikel mempunyai segmen pembaca masing-masing. Sebenarnya menghitung jumlah kata artikel SEO tidaklah lebih penting daripada membuat artikel yang berkualitas. Artikel yang berkualitas haruslah memberikan informasi yang akurat dan sangat dibutuhkan oleh pembaca.

Anda juga harus memahami bahwa rangking sebuah website tidak hanya ditentukan oleh jumlah kata dalam suatu artikel. Berapa lama waktu yang dihabiskan oleh pengunjung untuk mengunjungi suatu website adalah pemberi pengaruh yang signifikan terhadap rangking. Maka dari itu, isilah website dengan konten yang menarik dan informatif agar pengunjung betah untuk berlama-lama di website Anda.

Buatlah tulisan menarik yang mengandung kata kunci populer sehingga website akan selalu muncul di mesin pencarian. Setelah menemukan kata kunci, Anda tinggal membuat tulisan dengan jumlah kata artikel SEO yang disesuaikan dengan jenis artikel. Selipkan foto atau video dalam artikel agar pembaca semakin betah mengunjungi website Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.