Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Membangun Kesadaran Merek Dengan SEO Marketing

5 Cara Membangun Kesadaran Merek Dengan SEO Marketing. Kampanye SEO yang dipikirkan dengan baik dan diterapkan dengan hati-hati dapat membawa banyak manfaat bagi perusahaan. Bahkan jika digunakan secara efektif, SEO dapat membantu meningkatkan brand awareness (kesadaran merek) bagi konsumen. Lantas, masihkah Anda ingin membangun merek atau mengoptimalkan pencarian secara terpisah?

Kadang-kadang, orang marketing hanya berpikir dalam kategori yang sangat kotak dan eksklusif. Mereka biasa merencanakan upaya branding dan SEO secara terpisah. Yang mana ini menyebabkan terputusnya strategi merek dan SEO bisnis, yang mengarah pada hasil di bawah standar. Dengan mengintegrasikan branding dan SEO, Anda dapat menghasilkan lalu lintas organik dari mesin pencari untuk meningkatkan citra dan jangkauan brand.

SEO marketing

5 Cara Meningkatkan Kesadaran Merek Dengan SEO Marketing

Membangun Link

Membangun kesadaran merek berarti meningkatkan pengakuan oleh konsumen atas suatu merek. Jadi sekarang, bayangkan lingkup virtual di mana SEO berkuasa. Di sinilah membangun link atau tautan strategis berperan. Membangun kembali tautan rusak, membuat infografis, atau berpartisipasi secara aktif dalam komunitas media sosial adalah salah satu strategi SEO marketing. Mendapatkan daya tarik yang serius di tempat-tempat seperti kaskus misalnya, dapat meningkatkan audiens yang lebih besar dan membangun merek Anda. Yang secara alami akan meningkatkan kunjungan link atau situs Anda.

Konten yang Dioptimalkan untuk Branding

Pemasaran konten adalah salah satu cara terbaik untuk menyebarkan berita tentang perusahaan atau merek Anda. Ketika SEO dan branding digabungkan dalam bentuk konten yang sangat baik, maka ini akan memiliki kekuatan yang sangat besar. Ada dua pendekatan untuk membuat konten yang sangat baik. Pertama fokuslah pada memuaskan rasa lapar audiens Anda akan informasi segar. Kedua ikuti praktik SEO yang baik dan brand Anda akan semakin kuat.

Kata Kunci Ekor Panjang (Long Tile)

Kata kunci berekor panjang akan memberikan jangkauan khalayak yang sangat spesifik, yang hampir tidak mungkin dicapai kata kunci short tile. Contohnya, jika bisnis Anda ada di bidang pembuatan kotak dekoratif khusus. Maka bisnis Anda tersebut harus fokus pada peringkat tinggi SEO marketing untuk "harga kotak dekoratif khusus". Tidak berhenti di situ, mengingat bahwa setiap kampanye SEO dapat menargetkan ribuan kata kunci berekor panjang. Maka Anda dapat memulai membangun pasar Anda sendiri, daripada berada di pasar orang lain.

Targetkan Audiens Khusus

Era modern memungkinkan brand atau produk untuk memiliki lebih banyak interaktivitas dengan konsumen mereka. Jadi alih-alih hanya berkomunikasi dengan audiens Anda, buatlah mereka untuk membantu Anda membangun merek. Menargetkan audiens khusus akan sangat membantu untuk bisnis yang kecil. Caranya bisa dengan mempersempit kata kunci menjadi ceruk. Lakukan riset kata kunci untuk membantu Anda mendominasi ceruk pilihan Anda.

Mempromosikan Citra Merek

Cara terakhir untuk membangun kesadaran merek dengan SEO marketing adalah dengan mengendalikan citra merek Anda. Jika Anda berhasil membangun citra merek yang positif, Anda dapat melihat peningkatan keuntungan yang serius. Tetapi bagaimana SEO dapat membantu Anda menegaskan lebih banyak kendali atas persepsi merek Anda? Caranya, optimalkan konten Anda untuk kata kunci yang paling ingin Anda kaitkan dengan merek tersebut. Menyelaraskan strategi kata kunci dan strategi merek akan membuat SEO Anda bisa menjadi alat untuk membentuk persepsi merek yang baik.

Kehadiran merek atau brand baru tidak akan dikenal masyarakat, kecuali kita bisa memasarkannya dengan baik. Oleh karenanya, dengan menggabungkan dua strategi yakni membangun merek dan meningkatkan SEO akan membuat kinerja merek Anda lebih dikenal. Jadi apa strategi SEO marketing Anda untuk membangun kesadaran merek? Pilih salah satu cara di atas untuk jadi favorit Anda.