Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Mudah Menulis Artikel SEO Friendly

4 Cara Mudah Menulis Artikel SEO Friendly - Artikel yang ramah terhadap mesin pencari khususnya Google sangat penting artinya bagi sebuah blog. Artikel yang mudah ditemukan oleh mesin pencari tentu saja akan membuat semakin banyak orang yang menemukan artikel tersebut. Blog milik pribadi ataupun blog milik perusahaan dan komunitas wajib diisi dengan artikel berkualitas dan tentu saja sesuai dengan kaidah-kaidah menulis yang ramah SEO.

Menulis artikel yang SEO friendly adalah cara-cara menulis dengan memperhatikan dan mengikuti aturan-aturan yang ditentukan oleh Google. Dengan menaati aturan tersebut, maka artikel dapat mencul di halaman pertama mesin pencari Google ketika ada orang yang menuliskan kata kunci yang hendak dicari. Semakin tinggi peringkat artikel dalam mesin pencari, maka akan semakin banyak orang yang membaca artikel tersebut yang artinya juga semakin banyak orang berkunjung ke blog.

menulis artikel SEO friendly

4 Cara Mudah Menulis Artikel SEO Friendly

Untuk membuat artikel yang SEO friendly sebenarnya dapat dengan menggunakan sebuah plugin. Meski demikian, ada baiknya tidak tergantung dengan sebuah plugin jika artikel yang SEO friendly dapat dibuat tanpa bantuan plugin. Google memiliki standar sendiri untuk menentukan apakah sebuah artikel bisa tampil di halaman pertama atau tidak. Berikut adalah 4 cara mudah menulis artikel SEO friendly.

1.    Gunakan Kata Kunci yang Kemungkinan Besar Dicari oleh Pembaca

Kata kunci atau keyword merupakan satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan ketika menulis artikel. Penentuan dan pemilihan kata kunci akan mengambil peran penting dalam sebuah artikel. Pilihlah kata kunci yang memiliki peluang besar untuk dicari oleh calon pembaca artikel. Saat ini banyak sekali tool yang dapat digunakan untuk mencari atau menentukan kata kunci dalam sebuah artikel.

2.    Buatlah Artikel yang Layak Baca

Artikel dengan isi yang menarik dan ditulis sesuai dengan kaidah kepenulisan tentu saja akan membuat orang senang membaca artikel tersebut. Artikel yang layak baca juga memberikan kesan profesional terhadap penulis artikel atau blog di mana artikel tersebut ditayangkan. Butuh ketelitian yang cukup tinggi untuk menghasilkan sebuah artikel yang berkualitas. Ada baiknya untuk membaca ulang artikel sebelum diunggah ke blog. Jika perlu, mintalah seorang editor untuk memeriksa artikel tersebut. Bisa juga meminta orang lain membacanya terlebih dahulu dan mintalah saran serta masukan menulis artikel SEO friendly.

3.    Unggah Artikel Secara Konsisten

Konsistensi dalam mengunggah artikel menjadi salah satu hal yang juga penting untuk dperhatikan. Blog yang secara konsisten mengunggah artikel atau konten akan memiliki peluang lebih tinggi untuk tampil pada halaman pertama mesin pencari Google dibandingkan dengan blog yang jarang diisi atau pemiliknya tidak konsisten untuk menggunggah konten. Usahakan untuk memiliki jadwal mengunggah artikel sehingga mesin pencari akan semakin mudah menemukan artikel yang telah diunggah dalam blog.

4.    Kata Kunci Ditulis dengan Jumlah Secukupnya

Pengulangan penulisan kata kunci dalam sebuah artikel sebaiknya dibatasi sehingga tidak terlalu sering terjadi pengulangan penulisan kata kunci. Terlalu banyak pengulangan penulisan kata kunci dalam sebuah artikel dapat memberikan kesan seolah artikel ditulis oleh robot sehingga kurang nyaman untuk dibaca. Penting untuk menuliskan kata kunci pada awal artikel atau paragraf pertama dan pada paragraf terakhir atau paragraf penutup. Kedua hal tersebut wajib dilakukan untuk bisa menulis artikel SEO friendly.

Demikianlah 5 cara mudah menulis artikel SEO friendly. Masih banyak komponen yang perlu diperhatikan agar artikel ramah terhadap mesin pencari. Konsisten mengunggah konten ke dalam blog dan memahami karakteristik tulisan yang disukai oleh mesin pencari Google akan memberikan peluang besar artikel tampil pada halaman pertama. Selamat mencoba.

Post a Comment for "4 Cara Mudah Menulis Artikel SEO Friendly"

Berlangganan via Email