Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Dan Perkembangan Blog

Pada modul pembalajaran blogger untuk pemula sebelumnya kita telah membahas tentang Sejarah singkat internet dan website, untuk membaca modul pembalajaran blog lainnya.kalian bisa melihatya disini

Kita ketahui bersama bahwa semua yang kita nikmati sekarang, semua fasilitas, semua layanan dan semua benda yang ada sekarang memiliki sejarah dan perkembanganya masing-masing.

Termasuk juga blog, sebuah layanan yang menjadi wadah kita untuk menuangkan ide-ide dan bahkan curhatan kisah asmara kita.

Sejarah Dan Perkembangan Blog

Pertanyaan yang sering muncul kemudian adalah, apa sih blog itu? Pertanyaan itu sering muncul dari mereka yang baru mengenal dunia internet atau mungkin kamu juga menayankan tentang apa itu blog? Jika kamu bertanya tentang apa itu blog, saya yakin hanya beberapa orang saja yang mampu menjelasakanya dengan benar dan tepat.

Dalam artikel ini, izinkan saya memberikan informasi tentang sejarah dan perkembangan blog dan beberapa fungsi dan manfaatnya

Apa itu blog?

Jika dilihat dari kata umum, Blog adalah website atau jurnal online yang didalamnya termuat berbagai informasi, ciri detail dari sebuah blog adalah :

·        Memuat beragam informasi

·        Menampilkan postingan terbaru di bagian atas halaman.

·        Konten atau postingan blog diperbarui secara berkala,

·        Biasanya dikelola oleh satu atau sekelompok kecil user.

Dalam beberapa kasus, Blog bisa di atur oleh banyak user, tapi tetap dalam satu ide/kepala.

Kegunaan dan Fungsi Blog

Alasan dari banyaknya perorangan atau perusahan menggunakan blog adalah karena manfaatnya yang banyak sekali, berikut adalah Kegunaan dan Fungsi Blog :

·        Dengan menggunakan blog kita bisa dengan mudah menyajikan berbagai informasi untuk semua orang.

·        Dengan menggunakan blog perusahaan dapat memberikan informasi dan serta promo produk juga content marketing untuk calon pelanggan.

·        Dengan berkembangnya blog, kita dapat berinteraksi langsung dengan pengunjung blog kita.

·        Blog bisa menjadi media promosi dan pemasaran produk ataupun jasa.

·        Tempat mencurahkan isi hati dan pikiran serta opini

·        Sebagai wadah untunk meningkatkan kemampuan menulis

·        Personal branding bisa dibangun dengan mudah melalui blog

Sejarah Dan Perkembangan Blog

Lahirnya blog terjadi pada tahun 1994, pada tahun ini seorang bernama Justin Hall membuat sebuah jurnal pribadi online dengan nama links.net.

Jurnal online yang dibuatnya sangat sederhana, hanya berupa background warna putih polos dan tulisan. Kamu bisa mencari tahu lebih dalam tentang Justin Hall disini.

Justin Hall pada tahun 2004 di dapuk menjadi The Founding Father Of Personal Blogger oleh The New York Times Magazine sebagai ganjaran inisitif dalam membuat jurnal onlinenya itu.

Justin Hall pada awalnya tidak menyebut inisiatifnya itu sebagai blog, tapi menyebutnya sebagai personal home page. Dalam personal home pagenya itu Justin Hall menuliskan banyak kehidupan pribadinya, dari mulai perkuliahan, hubungan dengan orang tuanya serta kehidupan asmaranya.

Perkembangan Blog Pada Tahun 1997

Pada tahun 1997, Jorn Barger muncul ke permukaan dan memberikan istilah baru yaitu Weblog, istilah weblog ini merupakan gabungan  dari dua kata yaitu Web & Log.

Jorn Barger menggunakan istilah itu sebagai bentuk aktifitas internetnya, yaitu “Logging to the web” yang memiliki arti dalam bahasa indonesia mencatat di web.

Perkembangan Blog Pada Tahun 1999

Tahun berikutnya, sekitar tahun 1999 istilah Blog kemudian di perkenalkan

Setelah dua tahun istilah Weblog dikenalkan oleh Jorn Barger, hadir Peter Merholz yang merupakan desainer website mengenalkan istilah blog.

Istilah blog ini sebenarnya adalah kependekan dari weblog, Peter Merholz dalam blog pribadinya menyatakan bahwa ia sanga menyukai permainan kata, dan memberikan istilah baru untuk weblog menjadi blog. Peter Meholz tidak menyangka bahwa bahwa istilah blog yang dia sebutkan bisa berdampak sangat besar hingga saat ini.

Pada tahun yang sama, lahirlah tiga platfom blogger pertama yaitu :

-          Blogger

-          LiveJournal, dan

-          Xanga

Tahun ini menjadi tahun yang penuh sejarah bagi perkembangan blog, karena tahun 1999 menjadi tahun dimana ketiga platform blog personal di atas dirilis, dimana platform LiveJournal menjadi personal blog yang mengawalinya.

Kemudian Blogger menyusul Livejournal pada bulan agustus, dilanjutkan kemudian oleh plaformpersonal blog ketiga yaitu Xanga

Perkembangan Blog Pada Tahun 2003

Tepat pada bulan Februari tahun 2003, Goole mengakusisi Pyra Labs sang creator Blogger, Akusisis menjadi tanda bahwa bisnis blog memiliki masa depan yang sangat cerah.

Pada tahun yang sama juga, pesaing utama dari Blogger yaitu Wordpress di luncurkans secara resmi.

Persaingan antara Blogger dan Wordpress terlihat nyata, dengan memberikan layanan personal yang gratis. Dan sama sama memberikan layananan yang mudah untuk di gunakan bahkan oleh orang yang baru menggunakanya.

Persaingan ini berlanjut hingga sekarangm dan memberikan Wordpress sebagai pemenangnya, melihat dari data yag disajikan berbagai survei yang dijalankan. Wordpess memiliki lebih dari 51.09% pengguna dibandingkan blogger yang hanya berhasil mencatatkan market share sebanyak 2%.

Oke, sekian dari saya tentang Sejarah Dan Perkembangan Blog, materi ini di muat juga dalam modul pembalajaran blogger untuk pemula, kamu bisa melihat materi lainya disini.

Post a Comment for "Sejarah Dan Perkembangan Blog"

Berlangganan via Email