Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Plaform Blog Publishing Services dan Content Managament System

Kita mungkin telah belajar banyak tentang dunia internet, tapi apakah kita sudah tau perbedaan antara Content Management System dan Blog Publishing Service?

Selamat siang, dan selamat datang.Pada modul pembalajaran ini kita akan mepelajari tentang perbedaan Berbagai Platform Blogging. Perbedaan mendasar antara Platform lainnya, bisa dilihat dari fitur disediakan.

Perbedaan Plaform Blog Publishing Services dan Content Managament System

Artikel ini masuk kedalam modul pembalajaran blog yang akan membantu kamu dalam belajar blog untuk pemula, untuk melihat modul pembalajaran blog lainya, kamu bisa klik disini 

Pada umumnya platform blog dibedakan menjadi dua jenis yaitu :

  • Blog Publishing Services
  • Content Managament System

Blog Publishing Services

Blog Publishing Services adalah sebuah platform yang digunakan untuk mempublikasikan konten melalui blog, umumnya platform ini tersedia secara percuma.

Untuk mendaftar kita bisa langsung masuk ke site layanan platform yang di inginkan, dan mendaftarkan diri dengan menggunakan email.

Pada Platform Blog Publishing Service, tidak perlu membeli/menyewa server, karena alamat blog yang kita dapatkan biasanya merupakan sebuah subdomain dari platform itu sendiri. Berikut adalah contoh dari platform Publisihing Service :

  • Msndr
  • Tumblr.com
  • Bloggger, dan sebagai nya.

Pada Platform Blog Publishing Services,penggunaanya sangat mudah, bahkan bisa dioperasikan oleh orang awam sekalipun.

Untuk menggunakan layanan Blog Publishing Services, kamu bisa mendaftarkan diri dan kemudian membuat blog. Setelah itu kita tinggal meletakan konten dan mempublikasikanya.

Kekurangan dari layanana Blog Publishing Services ini adalah terbatasnya custum tampilan, kita akan selalu di sandingkan dengan template tampilan standart.

Pilihan template blog tidak banyak, fungsi yang dimilikinya juga tidak selengkap Content Management System.

Blog Publishing Services biasanya sering digunakan oleh para blogger pemula, untuk belajar mengenal seperti apa cara kerja blog. Selain itu dalam platform Blog Publishing Services ini sebenarnya cocok juga untuk kamu yang tidak ingin mengurusi berbagai masalah teknis, jadi tinggal seret konten dan publish. Tidak perlu memikirkan beragam kode html yang rumit.

Content Management System

Content Managament System, atau yang biasa di singkat CMS adalah sebuah sistem yang dapat mengelola dan dapat dikelola di dalam sebuah server.

Untuk bisa menggunakan layanan CMS, kita mesti mendaftar dan berlangganan layanan web hosting. Setelah itu kita harus mendaftarkan nama domain.

Layanan CMS ini mungkin akan banyak menghabiskan uang kita, dibandingkan dengan platform Blog Service, karena kita harus menyewa dua layanan penting yang kita butuhkan untuk membangun sebuah CMS yaitu :

  • Domain
  • Hosting
Penasaran, apa itu Domain dan Hosting? Kalian bisa membaca artikel yang membahaskeduanya disini

Mahalnya biaya CMS berbanding lurus dengan fitur dan layanan yang ditawarkan, dengan menggunakan layanan CMS kita akan bisa membuat blog yang sesuai keinginan kita. Kita bisa mengatur banyak hal seperti : 

  • Tampilan
  •  Fungsi-fungsi di dalam blog, dan banyak lainnya

Manfaat lainnya menggunakan CMS adalah, kita memiliki kemungkinan besar untuk cepat terindek di mesin pencari, dimana akan membuat konten yang kita buat mudah ditemukan dan di baca orang lain.

Kelebihan CMS yang sangat beragam itu, bisa menjadi pilihan kamu dalam membuat blog yang di fungsikan untuk : 

  • Blog Profesional
  • Blog Institusi, dan
  • Blog Bisnis. 
Terlepas dari keunggulan CMS, sebenarnya perkembangan blog sekarang ini juga sudah memasuki tahap hampir menyamai CMS. Dari segi tampilan dan hal atur mengatur, sudah bisa disesuikan dengan layanan CMS, jadi persaingan akan terasa seimbang. 

Penasaran untuk fitur yang disediakan layanan Blog Publishing Services, pada artikel selanjutnya akan kita bahas tentang Mengetahui Fitur dan Keuntungan menggunakan Platform Blogging Blogger.com 

Sekian artikel dari saya tentang Perbedaan Antara Berbagai Blogging Platform, semoga artikel ini bisa menjadi rujukan saat kamu mencari artikel tentang Perbedaan Antara Berbagai Blogging Platform.

Post a Comment for "Perbedaan Plaform Blog Publishing Services dan Content Managament System"

Berlangganan via Email