Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mulai Belajar Membuat Link Text Dan Image

Pada modul pembelajaran sebelumnya, kita telah belajar  tentang pengertian dari Link, pada artikel Mengenal apa itu link dan fungsinya dan telah membahas sedikit fungsinya.
Pada artikel kali ini, kiata akan Mulai Belajar Membuat Link Text Dan Image sudah siap? Yuk langsung di bahas saja!
Tapi sebelum membahas artikelnya, mungkin kamu perlu membaca modul pembalajaran blog ini dari awal, kamu bisa membuka modulnya disini

Mulai Belajar Membuat Link Text Dan Image

Sebelum mulai belajar cara membuatnya, mari kita kupas lebih dalam fungsi dari link ini, berikut dibawah ini adalah daftar fungsi dari link yang menguntungkan :

Fungsi dan Manfaat  Dan Kekurangan Membuat Link Text Dan Image

Mulai Belajar Membuat Link Text Dan Image

Kelebihan Link

Dengan memmbuat link, kita akan dimudahkan untuk berbagi dengan orang lain seperti : tautan halaman, file, gambar, video dan lainnya.

Bisa dijadikan sebagai Bookmark, hal ini akan sangat berguna jika kamu merupakan orang yang sangat sibuk, jadi kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu dan bisa dibuka lagi nanti

Sebagai perantara untuk megambil data dari situs web, sebagai contoh sederhana jika kita ingin mengambil icon untuk dimasukan ke website kita.  Maka kita hanya perlu menggunakan link untuk menampilkan icon itu, jadi tidak harus di download terlebih dahulu.

Kekurangan Link

Dengan pengawasan yang rendah, para penjahat dapat melakukan berbagai tindakan penipuan dengan memafaatkan link, kamu pasti pernah mendapatkan pesan dari orang tidak dikenal dan menyatakan kamu sebagai pemenang kuis tertentu dan menyertakan sebuah link bukan?
Pada beberapa orang tidak bertanggung jawab, Link sering digunakan untuk melakukan spaming dengan membagikan Link secara tidak wajar dan berlebihan.
Bisa menjadi akses untuk kejahatan cyber, kamu pernah mendengar bahwa game dari facebook kebanyakan mengandung virus malware yang bisa mencuri data pribadi kamu? Itu tidak sepenuhnya benar, karena virus malware biasanya ditanamkan pada sebuah hosting yang tidak jelas siapa pemiliknya.
Oke, setelah kamu tau keuntungan dan kekurangan dari menggunakan link. Sekarang kamu bisa belajar cara membuatnya, simak baik-baik caranya yah!

Cara Membuat Link Text

Kamu bisa masuk ke dasbord blog kamu terlebih dahulu, kemudian bisa langsung pilih “New Post”
Mulai Belajar Membuat Link Text Dan Image
Setelah itu kamu akan melihat tampilan halaman posting, setelah itu ketiklah sesuatu pada halaman posting. Dan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
Mulai Belajar Membuat Link Text Dan Image
Pada gambar diatas, bisa kamu lihat prosesnya adalah seperti  ini :
  1. Kamu bisa ketikan kata yang ingin kamu berikan link
  2. Selanjutnya bisa kamu blok / tandai kemudian pilih Insert Link
  3. Setelah itu masukan Link yang ingin kamu masukan
  4. Jika sudah selesai kamu bisa pilih apply

Kamu akan melihat tulisan yang kamu masukan link akan berwarna biru, seperti pada gambar dibawah ini :
Mulai Belajar Membuat Link Text Dan Image
Itu berarti link dalam text sudah berhasil dimasukan.

Cara Membuat Link Pada Image/ Gambar

Caranya hampir, sama dengan memasukan link kedalam text. Yang membedakan hanyalah kamu perlu mengupload gambar terlebih dahulu kedalam postingan sebelum dapat memasukan link nya.
Sudah tau cara memasukan gambar kedalam postingan? Jika belum kamu bisa membaca artikel saya yang membahas tentang Belajar Dan MengenalCara Upload Gambar Ke Postingan
Kebanyakan orang ketika menambahkan link pada image/gambar ini biasanya digunakan untuk memasukan link download  atau link yang mengarahkan seseorang untuk membeli sesuatu, atau bahasa kerenya adalah Call to Action, dan betuk gambarnya biasanya merupakan “Button” apa itu button, dan bagaimana bentuknya? Kamu bisa mencarinya di google yah!
Biasanya button ini juga diselipkan kata-kata seperti, Download, Call Now, Shop Now dan masih banyak lagi.
Oke, kita langsung saja membuat Link yang akan kita selipkan pada gambar. Perhatikan yah!
Pertama kamu bisa mencari button yang kamu butuhkan, atau kamu bisa membuatnya sendiri di photoshop. Jika sudah ketemu, kamu bisa langsung menguploadnya di postingan blog. Jika sudah, perhatikan gambar dibawah ini :
Mulai Belajar Membuat Link Text Dan Image
Jika kita melihat pada gambar diatas, maka langkah-langkahnya adalah seperti ini :
  1. Kamu bisa Klik/Pilih Gambar yang ingin kamu berikan link
  2. Kemudian pilih Insert Link
  3. Setelah itu masukan Link yang ingin kamu masukan
  4. Jika sudah selesai kamu bisa pilih apply
Nah, mudah bukan menambahkan Link pada Text dan gambar? Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yah!