Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Menu-menu Pada Dasbord Blogger

 Pada modul pembalajaran sebelumnya, kita telah belajar tentang beberapa pengertian dan penjelasan dasar tentang blogger, kamu bisa membaca artikelnya disini
Pada artikel kali ini, kita akan membahas dengan detail Menu-menu Pada Dasbord Blogger. Agar mudah dipahami dan bisa membuat aktifitas bloging kita lebih mudah.

Mengenal Menu-menu Pada Dasbord Blogger

Apa itu dasboard blog ?

Apa itu Dasaboard Blog? Jika di artikan secara sederhana, Dasbord dalam bahasa indonesia berarti halaman kontrol utama blog. Dimana halaman ini memungkinkan kita untuk melakukan banyak hal, seperti :
  • Monitoring
  • Kontrol, atau
  • Berbagai bentuk penyesuaian yang diperlukan
Selain itu, kamu juga melakukan hal lebih banyak lagi dalam dasbord blog, seperti : mengatur tampilan blog, membuat post, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya.
Dalam dasbord blog ini kamu bertugas sebagai admin, yang dapat mengelola banyak hal. Kamu juga mengundang orang untuk menjadi kontributor di blog kamu yang nantinya bisa ikut mengurus blog.
Namun akses dari kontributor tidak penuh seperti admin, kontributor hanya bisa melihat beberapa setingan dan fungsi dari Dasbord saja, seperti menulis dan mempublish tulisan. Kamu bisa mencoba mengundang teman kamu untuk bergabung dengan mengikuti tutorial pada artikel yang sudah saya pernah tulis sebelumnya, yaitu : Cara menambahkanKontributor di Blogspot Agar Blog semakin ramai fakta menarik buat kamu, blogger bisa menampung 100 kontributor dalam satu akun blog.

Cara Login ke Dashboard Blog

Jika kalian membaca artikel ini, saya anggap kalian sudah membaca tutroial ini dari awal. Karena setiap update modul pembelajaran yang saya buat, akan selalu megikuti postingan sebelumnya. Jadi agar tidak kehilangan arah, kamu bisa membaca modul pembalajaran dari awal disini
Proses login, sudah pernah saya tuliskan pada artikel saya sebelumnya, yaitu : Langkah Awal Cara MembuatBlog Yang Menarik  jadi kamu bisa membaca artikel tersebut, sebelum melanjutkan.

Menu-menu yang terdapat pada dashboard blog

Kalau kamu sudah membaca artikelnya atau sudah paham bagaimana caranya login, yuk langsung dibahas saja inilah daftar   Menu-menu Pada Dasbord Blogger
Mengenal Menu-menu Pada Dasbord Blogger

Postingan

Postingan atau Post adaah konten artikel yang kita terbitkan di blog, sederhananya postingan adalah isi dari sebuah blog yang kita kelola. Dan Menu Postingan yang ada di dasbord ini adalah tempat untuk kita bisa membuat, mengedit atau memperbarui postingan kita.
Pembahasan tentang konten atau postingan di blog bisa kamu baca pada modul pembalajaran blog untuk pemula disini

Statistik/Stats

Pada menu ini, kamu akan bisa melihat beberapa data yang berasal dari pengunjung blog kamu, data statistik mengandung beberapa informasi penting seperti :
  • Jumlah kunjungan dalam periode waktu tertentu
  • Sumber pengunjung
  • perangkat yang digunakan pengunjung.
  • serta beberapa lagi lainnya.

Komentar

Pada menu komentar/ Comments kamu bisa mengolah komentar yang masuk kedalam blog kamu, seperti menghapus atau menerbitkan komentar yang masuk.

Pendapatan/Earning

Menu inilah yang ditunggu dan di cari banyak blogger, yaitu Earning dimana kamu bisa mendapatkan uang dengan mendaftarkan blog kamu menjadi mitra penayang iklan google adsense.

Laman

Laman/Page merupakan menu yang bisa di manfaatkan untuk membuat halaman khusus di blog, pembahasan ini pernah saya bahas dalam artikel Daftar Lima Halaman Penting Yang Wajib Ada kamu bisa mepelajarinya lebih jauh disana.

Tata letak

Menu Tataletak/Layout ini akan bisa kamu manfaatkan untuk mengelola blog lebih jauh seperti misalnya
  • Menambahkan widget baru
  • Mengatur penempatan widget, dan lain sebagainya
Pembahasan lebih jauh tentang pengaturan layout ini, mungkin akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Tema

Pada temu tema atau theme, kamu bisa mengedit banyak sekali setingan di blog, dengan mengedit menu tem kamu bisa menganti beberapa hal dibawah ini :
  • Warna Tema blog
  • Menambahkan dan Mengganti Menu blog
  • Dan masih banyak lainnya
Pembahasan ini pernah saya bahas pada artikel ini : Cara Download dan Memasang Template Blog SEO FriendlyResponsive gratis  mungkin akan saya akan menuliskan kembali beberapa cara terkait editing tema di blog ini, tunggu saja artikelnya.

Setelan

Setelan atau Setting, berisi berbagai pengaturan di blog, di dalam menu setelan kamu bisa menambahkan kontributor untuk bisa menulis di blog kamu.

Daftar bacaan

Daftar bacaan atau Reading list, berisi tentang posti terbaru dari blog yang kamu ikut, untuk membahas tentang daftar bacaan ini, mungkin butuh waktu lebih lama. Jadi tunggu updatenya yah!
Oke, sekian artikel dari saya tentang Mengenal Menu-menu Pada Dasbord Blogger, semoga artikel ini dapat membantu kamu ketika mencari informasi tentang ini yah! Terimakaish!

Berlangganan via Email