Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Apa Itu Link Jenis Dan Fungsinya!

 Kalian sudah masuk lebih dalam ke pembalajaran blog untuk pemula, selamat!
Pada artikel kali ini kita akan belajar untuk Mengenal Apa Itu Link Dan Fungsinya! Sebelum membaca artikel ini, buat kamu yang belum mengikuti modul pembelajaran dari awal, bisa membaca ulang artikelnya disini yah!

Mengenal Apa Itu Link Jenis Dan Fungsinya!

Mengenal Apa Itu Link Jenis Dan Fungsinya!


Mari kita berkenalan lebih dekat, tentang apa itu link dan fungsinya. Karena link merupakan salah satu yang paling penting dalam membangun sebuah blog atau website, jadi kita wajib mengetahui pengertian dari link dan fungsinya. Yuk langsung saja dibahas!

Apa itu Link?

Link, secara sederhana bisa diartikan sebagai pranala yang mengandung alamat pada satu halaman ke halaman lainnya. Mungkin kita familiar dengan Hyperlink dari Microsoft yang memiliki fungsi sama, yaitu sebagai sebuah fungsi yang bisa membawa penggunanya lebih mudah dalam hal navigasi dan berpindah halaman.
Contoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari kita, Link bisa dikatakan sebagai alamat rumah, saat ingin mengunjungi sebuah rumah pasti orang-orang akan merujuk ke sebuah alamat. Dimana kita dapat mencari dan menemukan berbegai informasi didalamnya, seperti :
  • Nama Penghuni rumah
  • Luas rumah
  • Ponakan cantik penghuni rumah
  • Dan masih banyak lain nya.
Begitu pula dalam sebuah web, Pranala atau kita sebut saya link memiliki peran yang sangat penting dalam mengantarkan orang-orang menuju konten website yang kita buat.

Apa itu link tautan konten

Link konten, merupakan link dalam blog kita yang saling berkaitan satu sama lain. Contoh simple nya kamu bisa melihat dan membaca kembali pembukaan dari artikel ini, dimana saya menyarankan kamu untuk membaca artikel saya yang sebelumnya.
Menautkan postingan satu dengan yang lainnya, akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan teknik SEO yang kita bangun demi mengangkat website.

Istilah-Istilah Link Menurut Fungsi Dan Penggunaannya :

Berikut dibawah ini adalah, istilah-istilah link menurut fungsi dan pengunaanya
  • Shortenlink
  • SafeLink
  • Link Not Found
  • Broken Link
  • Spam Link
  • Backlink
  • Link Building

Shortenlink

Link jenis ini merupakan Link yang sudah di pendekan dengan di bantu oleh pihak ketiga dari penyedia pemendek URL.Dengan menggunakan shortenlink, link yang panjang bisa di pendekan menjadi sebuah kalimat pendek yang mudah di ingat.
Rekomendasi buat kamu yang ingin membuat shorten link, bisa menggunakan layanan dari bitly atau
TinyUrl dengan gratis.

Link Not Found

Link not Found, pernah membua halaman blog dan mencoba membuka link, tapi mendapat pesan seperti 404 eror atau Not found, apa yang terjadi? Kemungkinannya ada dua, yaitu :
  • Halaman blog atau postingan sudah dihapus
  • Salah mengetik link website yang ingin di kunjungi.
Fungsi dari Link not found ini adalah untuk memberitahu kita bahwa alamat yang di tuju kemungkinan sudah di hapus atau salah pada proses pengetikanya.

Broken Link

Fungsinya hampir sama dengan Link Not Found. hanya saja pada broken link, statusnya benar-benar hilang atau rusak sehingga tidak dapat di akses.

Spam Link

Siapa yang suka melakukan Spam link? Jangan yah! Karena akan sangat berbahaya untuk kesehatan blog dan website kita. Spam link di anggap tidak memiliki value atau nilai karena penyebarannya terlalu berlebihan sehingga menyalahi aturan standart komunitas pada suatu platform.

Backlink

Bakclink, bisa dikatakan sebagai link rekomendasi atau rujukan dari website lain ke website kita. Dalam penigkatan teknik SEO, backlink sangat di butuhkan guna meningkatkan kredibilitas pada website kita.

Link Building

Sebuh proses yang dilakukan untuk mendapatkan backlink dari halaman website ke website kita, fungsinya? Tentu saja untuk membuat website yang kita kelola menjadi lebih baik dan menjadi page one di mesin pencari Google.
Oke, sekian artikel dari saya tentang Mengenal Apa Itu Link Dan Fungsinya! Semoga bermanfaat yah!