Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mempelajari Sejarah Singkat Internet dan Website

Selamat datang pada materi pertama dari Modul Belajar Blog Untuk Pemula, materi ini penting untuk kita pelajari dan pahami. Karen untuk mempelajari sesuatu kita mesti mengetahui sejarahnya terlebih dahulu.

Buat kamu yang membaca artikel ini, dan ingin mengetahui modul pembelajaran blog lainnya bisa langsung mengunjungi Modul Pembelajaran Blogger untuk Pemula Oke, sekarang mari kita bahas sejarah singkat internet dan website.

Mempelajari Sejarah Singkat Internet dan Website

Sejarah Internet

Internet pada awal kelahiranya hanya merupakan project yang di jalankan oleh U.S. Defense Advanced Research Project Agency (DARPA), project ini memiliki tujuan untuk mempelajari dan mencari tahu bagaimana caranya menghubungkan sejumlah computer sehingga dapat membentuk sebuah jaringan. Project yang nantinya menjadi titik awal kelahiran internet ini dikenal dengan nama ARPANET/

Pada tahun 1976 percobaan pertama kali dilakukan, percobaan ini dilakukan pertama kali oleh Ratu Inggris, pada percobaan itu Ratu Inggris berhasil mengirimkan email pertamanya dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.

Selang beberapa tahun kemudian, ada lebih dari 100 komputer yang dihubungkan dengan project ARPANET  ini, dan berhasil membangun sebuah jaringan komputer pertama.

Selanjutnya, perkembangan internet memasuki jalan yang lebih luas. Pada tahu 1982 Steve Bellovin, Tom Truscoott dan juga Jime Ellis membangun sebuah Newsgrup yang diberi nama USENET.

Pada tahun berikutnya TCP/Transmission Control Protokol dan Internet Protokol  dibentuk, perkembangan internet semakin besar ketika pada tahun 1984 para peneliti mengumumkan System nama domain / Domain name sistem (DNS) untuk pertama kalinya.Pada tahun itu, sudah lebih dari 1000 komputer yang berhasil terhubung.

Perkembangan internet semakin besar, dalam kurun waktu kurang dari 3 tahun kemudian jumlah komputer yang tersambung lebih banyak, yaitu sekitar 10 kali lipat.

Sejarah Website

Pada tahun 1990, Tim Berners Lee seorang yang sangat cemerlang menemukan program editor dan juga browser untuk pertama kalinya.Penemuan ini sangat bersejeara bagi dunia internet saat itu

Tim Berners Lee yang merupakan seorang peneliti CERN, berhasil menemukan program untuk dapat menjelajah data dari satu komputer ke komputer yang lainnya.

Program yang ditemukan oleh Tim Berners Lee inilah yang nantinya menjadi cikal bakal kita kenal sebagai World Wide Web (WWW)

Ada hal menarik dari terlahirnya website pertama ini, Tim Berners Lee sebenarnya membuat website hanya untuk mempermudah pekerjaanya, dengan membuat website Tim Berners Lee bisa dengan mudah menukar atau memperbarui informasi yang dibutuhkan untuk sesama peneliti di CERN.

Ketidak sengajaan itu berakhir indah karena pada tahun 1993 CERN mengabarkan bahwa World Wide Web (WWW)dapat digunakan oleh masyarakat umum.

Apa itu World Wide Web (WWW)

World Wide Web (WWW) adalah kumpulan server dari seluruh dunia yang memiliki memberikan banyak sekali data dan informasi yang bisa digunakan bersama.

Kita tak bisa meragukan lagi bahwa World Wide Web (WWW) merupakan bagian dari internet yang paling menarik. Denga memanfaatkan World Wide Web (WWW) kita dapat mengakses banyak sekali informasi yang tidak hanya dalam bentuk tekstual tapi juga bisa dalam bentuk gambar, suara, video dan animasi. World Wide Web (WWW) atau biasa kita sebut website sendiri memiliki 3 jeni yaitu :

  • · Website Statis

Website statis adalah, website yang halamanya tidak berubah, dalam artian lain website statis tidak memiliki update otomatis, ketika kita ingin mengubah website statis maka kita harus mengeditnya secara manual.

Website statis ini biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan Landing Page karena Landing Page tidak membutuhkan update berkala, atau bisa juga digunakan untuk pembuatan website katalog sebuah produk.

  • Website Dinamis

Website Dinamis, bisa di bilang merupakan website yang paling banyak dibuat.

Website Dinamis ini kebalikanya dari Website statis, jika website statis tidak memmbutuhkan update berkala maka Website Dinamis harus dan wajib membutuhkan update berkala. Berikut adalah  jenis dari website dinamis yaitu : web berita , web portal, dll. 

  • Website Interaktif

Website Interaktif adalah website yang mewadahi orang-orang untuk adu jotos ataupun sekedar adu argument. Dalam artian sedehananya Website Interaktif adalah website yang memberikan ruang untuk pengguna agar bisa saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya dalam sebuah Grup  ataupun Forum-forum yang disediakan. Contoh Website interaktif adalah Kaskus dan masih banyak lainnya.

Oke sekian pembalajaran dari Modul belajar blog untuk pemula ini, untuk mengetahui modul pembalajaran yang lainnya, kalian bisa melihatnya di Modul Pembelajaran Blogger untuk Pemula semoga bermanfaat yah!