Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memilih Platform Blog Terbaik Untuk Hasil Terbaik

Pada artikel sebelumnya, kita telah membasah sedikit tentang perbedaan dari kedua layanan blog ini, kalian bisa membaca artikelnya kembali disini
Perbedaan yang mendasar dari Blog dan Wordpress akan saya jelaskan secara lebih rinci pada artikel kali ini, hal ini untuk memudahkan kamu dalam memilih platform blogging yang akan kalian gunakan.
Memilih Platform Blog Terbaik Untuk Hasil Terbaik

Memilih Platform Blog Terbaik Untuk Hasil Terbaik

Memilih platform blog adalah langkah awal yang baik untuk kita, sebelum memilih platform blog antara blogger dan Wordpress, pada artikel ini kita akan mencari tahu apa saja perbedaan dari Wordpress dan Blogger.

Apa perbedaan WordPress dan Blogger?

Sebelum memulai pembahasanya, saya ingin mengingatkan bahwa yang akan kita bahas perbedaanya adalah antara WordPress.org dengan Blogger (blogspot). Yuk langsung mulai!

 Kepemilikan

a. Blogger (Blogspot)

tidak ada biaya yang diperlukan jika kamu menggunakan blogger untuk platfrom blog kamu, kamu akan diberikan hosting penyimpanan data sebesar 15 GB, jika data yang kamu simpan sudah melebih batas kouta, kamu mungkin harus membuat blog baru untuk mendapatkan akses hosting yang baru.
Blogger merupakan layanan platform blog yang miliki oleh Google, jadi kamu tidak bisa mengontrol penuh semuanya, jadi jika suatu hari kamu di anggap melakukan pelanggaran syarat dan ketentuan, kamu akan di depak dan di hilangkan dari berbagai pencarian di google dan blog kamu akan di hapus. Jadi ikuti saja apa mau nya, kecuali suruh pindah agama! Jangan mau!

b. WordPress

untuk menggunakan Wordpress kamu mesti membayar layanan hosting unlimited,  beberapa penyedia layanan hosting siap memberikan kamu harga termuarah. Kamu akan memiliki kontrol penuh atas semua data yang kamu upload, website yang kamu buat dan konten yang kamu publikasikan. Tapi ya itu harus bayar kebebasan itu ada harganya bung!

 Tampilan

a. Blogspot

tampilan yang di sediakan google memang terbatas, tapi sangat cukup untuk kamu yang tidak ingin terlalu ribet mengatur segala sesuatunya sendiri, dengan menggunakan blog kamu hanya tinggal membuat konten dan menyiapkan tampilan yang bagus yang bisa kamu download sendiri, jadi tidak perlu menggunakan tampilan yang disediakan blogspot, untuk cara mendownload dan memasang tampilan blog terbaik kamu bisa baca artikel ini : Cara Download dan Memasang Template Blog SEO Friendly Responsive gratis

b. WordPress

dengan menggunakan wordpress, kita bisa menggunakan banyak sekali template/tampilan website gratis  dengan tampilan yang menarik
kamu bisa menemukan banyak sekali template yang bisa kamu gunakan dan sesuaikan dengan jenis website yang kamu buat.

 Kontrol

A. Blogspot

Seperti yang saya jelaskan diatas, kamu tidak memiliki kontrol penuh terhadap website yang kamu  buat di blogspot, tapi asalkan kamu selalu menataati peraturan dan kebijakan yang dibuat oleh google semuanya akan baik-baik saja.
Tools yang disediakan blogspot untuk membantu kita dalam mengelola blog juga termasuk sederhana, tapi tetap bisa digunakan dengan baik dan mampu bersaing dengan wordpress.

b. WordPress

kamu bisa dengan mudah menambahkan banyak fitur baru, kamu juga bisa menambahkan apapun yang kamu mau, tinggal instal plugin yang sudah tersedia dan kamu bisa mendapatkan fitur layanan yang kamu inginkan. Contoh sederhanaya adalah, kamu bisa menginstal plugin Woocomercer untuk mendapatkan fitur online shop yang cukup lengkap. Tapi ingat ini semua berbayar!

 Keamanan

a. Blogspot

kamu beruntung sekali jika memilih blogspot, karena kemanannya akan selalu terjamin. Hal ini bisa menjadi bukti bahwa menggunakan blogspot sebagai platform blog kamu adalah yang terbaik!
Kemanana dari blogspot ini dijamin karena dikelola oleh google sendiri, yah walaupun website kamu tidak terlalu bebas karena bisa di hapus kapanpun oleh gooel, setidaknya kamu bisa tetap tenang selama kamu tidak menyalagi aturan yang di tetapkan.

b. WordPress

yah ya, Wordpres merupakan yang terbaik juga dalam soal kemanana, karena kemanan scriptnya selalu diperbaiki dan di perbarui secara berkala. Dan kontrol penu tetap ditangan kita.
Untuk kemanan jika suatu saat negara api menyerang wordpress anda, baiknya untuk backup data dari website anda secara berkala.
Oke sekian artikel dari saya tentang Memilih Platform Blog Terbaik Untuk Hasil Terbaik, semoga membantu kamu dalam mencari informasi yah!