Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat dan Fungsi Blog

 Kita hidup di zaman serba teknologi, dimana perkembangan teknologi sanga cepat dan membuat semuanya menjadi serba online, mulai dari mencari informasi, mencari teman, mencari hiburan dan bahkan menjalankan bisnis.  Perkembangan teknologi ini sungguh sangat terasa, apalagi bagi kita yang lahir di tahun 90-an, dimana saat itu teknologi belum terlalu secanggih sekarang.
Jika dulu, ketika ingin mengirim pesan kita masih menggunakan Kantor pos. Sekarang kita sudah bise memanfaatkan jejaring sosial atau juga email.
Manfaat dan Fungsi Blog
Dan jika dulu kita ingin menulis tentang ide atau aspirasi, kita hanya bisa menuliskannya di selembar buku sekarang kita bisa mempublikasikannya ke semua orang dengan menggunakan Platform blog.
Iyah Platform blog tersedia untuk kita yang ingin menyalurkan ide ataupun lainnya, dengan platform blogger kamu bisa menulis tentang perkembangan zaman, atau sekedar menuliskan isi hati yang tak tercurah kan.
Manfaat dan fungsi dari blog sebenarnya banyak sekali, dan berikut dibawah ini adalah beberapa fungsi dan manfaatnya! 

Manfaat dan Fungsi Blog

Mengasah Kemampuan Menulis

Dengan memiliki platform blog, kita bisa mengasah kemampuan menulis.
Platform blogger memberikan kita kebebasan untuk menulis artikel sebanyak-banyaknya, dengan banyak menulis dan mencari informasi terbaru untuk bahan tulisan kita, secara otomatis kita akan terus mengasah kemampuan menulis juga analisa kita.
Menulis adalah keahlian penting yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan Anda bisa mengasah kemampuan tersebut melalui blog.

Media Publikasi untuk Siapa Saja

Sudah selesai menulis? Publikasikan segera!
Biarkan orang-orang tahu ide cemerlang dan tulisan terbaru kamu, platform blog memang dimanfaatkan untuk mempublikasikan apa saja yang kamu tulis.
Kamu tidak perlu menunggu seleksi agar tulisanmu bisa di publikasikan, karena semuanya ada ditanganmu.

Bukti Profesionalitas

Platform blog bisa kamu gunakan untuk “show of” siapa kamu ke masyarakat umum, platform blog ini juga bisa menjadi bentuk profesionalitas kamu pada bidang tertentu yang kamu sukai, seperti contoh : kamu merupakan seorang yang memiliki kemampuan berjualan, kamu bisa membuat blog dengan konten berisi tips atau cara untuk berjualan yang baik.

Sebagai Sarana untuk Branding

Kamu ingin melamar kerja? Dan ingin langsung diterima?
Buatlah sebuah blog yang berisi konten tentang kemampun kamu, sebagai contoh jika kamu memiliki kemampuan memperbaiki perangkat komputer. Buatlah sebuah blog yang membahas tentang perangkat komputer dan cara memperbaikinya. Dan setelah itu melamarlah menjadi seorang teknisi komputer, di jamin kamu akan langsung dterima.
Ini merupakan fungsi blog yang paling penting, yaitu sebagai sarana untuk branding, baik itu personal branding, seperti yang saya contohkan diatas atau product branding.

Menghasilkan Uang

Yahh benar! Bagian ini pasti yang kamu tunggu-tungu! Menghasilkan uang dari blog tidaklah sulit, kita hanya perlu memilih dan menjalankan beberapa hal di bawah ini : 

Yang Pertama Daftar Adsense

Kamu bisa menggunakan Adsense, dengan menggunakan adsense kamu bisa menampillkan iklan-iklan yang nantinya akan menjadi penghasilan dari blog yang kamu kelola.
Untuk mendapatkan penghasilan dari adsense, blog kamu harus memenuhi syarat terlebih dahulu, baca artikel : Tips Termudah Agar Diterima Google AdSense Untuk Pemula

Yang  Kedua Endorsement Produk

Cara yang kedua ini, bisa kamu praktekan langsung tanpa perantara orang ketiga. Orang-orang yang memiliki perusahaan akan begerombol mendatangi kamu untuk bekerjasama. Hal ini terjadi kalau kamu sudah expert dalam mengelola sosial media dan blog, dan menjadi seorang profesional dalam bidang tertentu dan mampu menggerakan opini pembaca. Orang yang memiliki Profesional dalam bidangnya ini biasa juga disebut dengan KOL atau Key Opinian Leader

Yang  Ketiga Membuka Jasa Freelance

Kamu bisa membuka jasa freelance, sesuai dengan keahlian kamu seperti :
  • Desain
  • Copywriting
  • Ilustrasi
  • Fotografi, atau
  • Keahlian lain yang dibutuhkan banyak orang

Untuk dapat menghasilkan uang dari blog, sebenarnya kamu hanya perlu mengembangkan kemampuan kamu dalam  hal apapun, dan kemudian mempublikasikanya di blog.
Dengan cara itu, kamu bisa dikenal banyak orang dan menjadi seorang blogger profesional. Oke sekian artikel saya tentang Manfaat dan Fungsi Blog, semoga bermanfaat yah!