Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Awal Cara Membuat Blog Yang Menarik

Merasa memiliki kemampuan menulis yang baik dan punya ke inginan untuk terkenal? Mungkin menjadi seorang blogger bisa menjadi jalan utama untuk mewujudkanya.

Blogger bisa menjadi tempat untuk membagikan segala bentuk tulisan Ilmiah, berita,  novel atau sekedar curahan isi hati .

Blogger juga bisa menjadi tempat untuk mendapatkan earning dari tulisan-tulisan yang sudah kita buat. Pembahasan tentang cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang mungkin akan kita bahas pada lain kesempatan.

Langkah Awal Cara Membuat Blog Yang Menarik

Pada kesempatan kali ini, izinkan penulis untuk membagikan artikel tentang Langkah Awal Cara Membuat Blogger Yang Menarik, oke mungkin kita akan langsung masuk ke point utama yah!

Dan semoga Langkah Awal Cara membuat blogger yang akan saya sampaikan dibawah ini bisa menjadi rujukan kamu dalam membangun sebuah blog yah.

Langkah Awal Cara Membuat Blogger Yang Menarik

Lakukan Riset  Niche

Seperti yang kita ketahui bersama, membangun sebuah blog/website tidak bisa sembarangan, harus melalui beberapa riset utama dan beberapa ritual pencarian lainnya. Terutama tentang riset dalam menemukan niche atau para blogger biasa menyebutnya kata kunci, singkatnya Niche adalah tema yang akan kita angkat.

Kenapa kita harus menentukan sebuah niche dalam blog? Karena akan membuat kita lebih fokus dalam membangun sebuah blog, dengan menentukan niche kita bisa menjadi lebih fokus pada topik yang akan kita bahas. Jadi tidak menyebar keluar kemana-mana.

Untuk mengetahui keutungan lainnya dalam menentukan niche blog bisa kalian baca pada artikel yang akan saya bahas selanjutnya yah!

Sebelum membuat sebuah blog, seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kita wajib memiliki niche yang ingin kita bangun. Keuntungan dalam melakukan riset niche dengan persaingan rendah adalah blog/website kita akan dengan mudah naik ke page one dan bertahan cukup lama.

Berikut dibawah ini adalah beberapa niche yang saya rekomendasikan :

  • Finance
  • Kuliner
  • Parenting
  • Wisata & Travel
  • Teknologi
  • Beauty (Kecantikan)
  • Game Online
  • Edukasi
  • Otomotif
  • Kesehatan

Nah setelah kita menemukan Niche yang akan kita terapkan, selanjutnya adalah proses pembuatan blognya, namun sebelum itu ada baiknya jika kita menentukan Url/link yang akan kita gunakan.

Lakukan Riset URL

Sebenarnya dalam menentukan url/link bisa terserah kita, tapi ada baiknya dua metode penting dibawah ini, yaitu

Brand On Domain 

Metode pertama ini bisa kita lakukan jika memiliki brand produk yang sudah cukup berkembang, menggunakan Brand on domain layak digunakan, tapi jika anda belum memiliki brand produk atau bahkan belum memikirkan nama brand produk sama sekali, maka pemilihan SEO on Domain akan lebih membantu. 

SEO On Domain

Menggunakan Brand on Domain tidak akan berlaku jika kita belum memiliki brand atau bahkan belum memiliki ide untuk membuat nama brand, jadi solusinya adalah SEO On Domain. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa  memilih nama domain yang SEO ? cararanya adalah Pastikan URL Tidak terlalu Panjang.

URL yang terlalu panjang mengakibat pengunjung blog kita sulit untuk mengingat url, ketika ingin mengunjungi blog kita lagi.Menggunakan dua suku kata untuk URL blog kita mungkin solusi yang baik, dengan menggunakan kata pertama sebagai nama brand dan suku kata kedua sebagai niche.

Kesimpulan

Oke, sekian artikel dari saya tentang Langkah Awal Cara Membuat Blogger Pribadi Atau Sekolah Yang Menarik, setelah kita melakukan beberapa riset penting diatas, kita sudah siap untuk membuat blog yang menarik. 

Pada artikel selanjutnya, kita akan langsung membuat blog dari hasil riset yang kita lakukan pada artikel ini, jadi tunggu kelanjutan artikelnya yah!