Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal yang Mesti diperhatikan sebelum membuat blog

Pada artikel sebelumnya kita telah belajar tentang persiapan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat blog, kamu bisa melihat artikelnya disini
Kamu bisa menghasilkan uang dengan cara berbagi informasi dan berita atau topik yang kamu sukai, caranya adalah dengan menjadi seorang blogger. 
Hal yang Mesti diperhatikan sebelum membuat blog

Tapi sebelum melangkah jauh, artikel ini akan sedikit menjelaskan apa saya yang mesti kamu perhatikan, sebelum membuat blog. Simak artikelnya baik-baik dibawah ini :

Hal yang Mesti Diperhatikan Sebelum Membuat Blog

Memilih Topik Untuk Blog Anda

Memilih topik atau pembahas yang tepat adalah hal yang mesti kamu perhatikan dengan baik, pastikan pembahasan yang kamu angkat ke blog sudah benar-benar kamu kuasai, jangan mudah terpengaru cerita blogger yang sukses mendapatkan penghasilan hanya dalam hitungan jam perhari.
Walaupun sebenarnya, ada blogger yang memang berpenghasilan seperti itu. Tapi yang perlu di ingat adalah mereka tidak secara instan mendapatkan penghasilan itu.
Dari awal mereka sudah membangun blog dengan pembahasan yang unik dan kuat, dan memakan waktu bertahun tahun untuk membangun blog nya agar tetap berpenghasilan.
Point penting yang harus di garis bawahi adalah, sebelum memutuskan untuk menjadi seorang blogger kamu harus bisa menentukan topik atau pembahasan. Walau terlihat sederhana tapi penentuan topik ini akan membuatmu bisa menonjolkan ke unikannya dan tentunya mendapatkan banyak uang. 
Masih bingung untuk menentukan topik yang ingin di ambil? Kamu bisa berfokus pada tiga hal dibawah ini untuk menentukan topik blog.

Passion

Passion, selalu pilih topik yang kamu memiliki pasion didalam nya, coba fikirkan sejenak passion atau keahlian kamu dimana,  bingung cara menemukan passion? Coba langkah-langkah dibawah ini :
  • Pikirkan hal yang paling membuat Anda bahagia
  • Pikirkan aktivitas yang paling Anda sukai, termasuk hal-hal yang senang Anda bicarakan
  • Tuliskan sifat yang menjadi kelebihan dan kekuatan Anda
  • Tanya kepada diri Anda sendiri mengenai impian atau cita-cita masa kecil
  • Pikirkan hal-hal yang memengaruhi pengambilan keputusan yang Anda lakukan
jika kamu sudah mulai mengerti dan menemukan passion, saatnya menentukan topik pembahasanya. 

USP

Unique Selling Point, adalah hal yang wajib untuk ada di dalam topik blog kita, dimana kita harus bisa membuat perbedaan yang jelas dari ribuan orang yang ada. Kita harus siap menjadi orang yang ahli di bidang yang akan kita bahas, tidak hanya bergelar ahli tapi kita harus benar-benar ahli.
Mari kita berfikir sejenak beberapa hal dibawah ini :
  • Kira-kira apa keahlian yang kita miliki
  • Apa yang membuat skill Anda unik, dan
  • Kenapa orang-orang mesti membaca blog kita
Sudah berhasil menemukan jawabanya? Jika sudah, kita akan langsugn ke pembahasan tentang memilih  nama blog.

Memilih Nama Untuk Blog Blogspot

Setelah berhasil menentukan topik blog yang akan kita angkat, selanjutnya kita akan menentukan judul. Kenapa sih repot-repot menentukan Nama? Karena Nama  adalah brand blog kita yang akan di ingat pembaca bertahun-tahun*(kalau judul blognya mudah di ingat) untuk itu kita harus menghindari nama blog yang mudah sekali dilupakan atau bahkan terlalu umum.
Nama blog yang kita buat harus memenuhi beberapa hal dibawah ini : 
  • Mudah diingat
  • Menarik perhatian, dan 
  • Berhubungan dengan topik blog. 
Untuk mempermudah kamu menentukan nama blog,  coba perhatikan tiga point dibawah ini :

Gunakan kata deskriptif

Kamu bisa menggunakan kata deskriptif yang bisa menggambarkan konten yang akan di bahas, hal ini dapat membuat pembaca langsung tertarik untuk mengjungi blog anda, sebagai contoh jika blog kamu memibahas tentang lowongan kerja. Kamu bisa memberi nama blog kamu dengan nama dibawah ini :
  • Infokerja
  • Peluangkerja
  • Carikerja
Nama nama diatas, bisa ditambahkan dengan keterangan kota yang akan kamu targetkan, seperti contohnya, inforkerjasemarang,peluangkerbandung,carikerjacirebon.

Gunakan Nama Brand

Kamu memiliki toko online yang sudah memiliki brand dan sudah terdaftar? Kamu bisa menggunakan nama branda kamu untuk nama blog. Cara ini memang tidak deskriptif tapi memiliki nilai perhatian yang tinggi, untuk membuatnya kamu bisa menggabungkan dua kata, seperti tokopedia, bukalapak dan lainnya.

Gunakan Nama Sendiri

Hal ini hanya berlaku jika kamu ingin membangun personal branding, kamu bisa membuat nama blog dengan nama mu sendiri. Personal branding sangat bermanfaat untuk bisnis online, dimana orang-orang akan mudah membeli dan bertransaksi dengan kita . 
Oke, sekian diatas adalah artikel saya tentang Hal yang Mesti diperhatikan sebelum membuat blog, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, artikel ini merupakan salah satu modul belajar blog untuk pemula. Untuk daftar lengkap modulnya kamu bisa melihatnya disini