Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Lima Halaman Penting Yang Wajib Ada

Langkah yang sangat besar akan anda ambil, jika baru-baru ini anda sedang belajar membuat blog. Langkah baru yang benar-benar besar, saya yakin banyak perubahan yang akan terjadi dan hasil yang sangat besar akan segera kalian dapatkan.

Pada tahapan yang ke empat tentang Daftar Lima Halaman Penting Yang Wajib Ada ini mungkin kalian bertanya, kira-kira halaman apa saja sih yang mesti dan wajib ada di dalam sebah blog? Jawabanya akan segera di jelaskan dibawah ini yah!

Kenapa harus menambahkan halaman pada website?

Daftar Lima Halaman Penting Yang Wajib Ada

Pertanyaan pertama yang mungkin terfikirkan adalah, Kenapa harus menambahkan halaman pada website? Pada umumnya, semua platform blog memiliki dua tipe konten default,yaitu :

  • Post, dan
  • Pages

Pentingnya memisahkan antara konten artikel blog dan pages tidak lain untuk membantu user/pengunjung bloh kita lebih mudah dalam menjelajah blog kita.

Membuat dan mengelola page bisa kita lakukan dengan sangat mudah, kita bisa membuatnya dengan hanya beberapa langkah yang akan kita bahas pada akhir artikel.

Halaman yang kita buat nantinya juga akan menjadi nilai plus jika nanti kita ingin mendaftarkan blog kita untuk menjadi partner Adsense.

Navigasi dan menu halaman yang baik akan membuat blog mudah diterima untuk menjalin partner dalam menanyangkan iklan adsense.

Maka dari itu, mari kita lihat beberapa ide halaman penting pada blog yang bisa kalian gunakan.

Contact Us

Halaman Contact Us sangat penting dalam sebuah blog, karena ini menjadi sarana pengunjung untuk bisa bekomunikasi dengan kita sebagai pemilik blog.

Manfaat dari halaman Contact Us sendiri selain untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang berkunjung ke blog kita juga dapat menjadi nilai tambah di mesin pencari.

Yang lebih penting dari itu semua, halaman contact us akan mempermudah urusan bisnis kita dengan para investor atau orang-orang yang membutuhkan jasa yang kita sediakan.

Privacy Policy

Pada halaman Privacy Policy membahas tentang pernyataan atau dokumen hukum (dalam hukum privasi) yang isinya menjelaskan tentang bagaimana pemilik blog mengumpulkan, menggunakan, dan mengelola data pelanggan atau klien.

Halaman ini sangat penting, karena dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung blog kita.

Disclaimer

Pada  halaman Disclaimer, terdapat beberapa aturan atau rule dari sebuah blog.

Jika di jelaskan secara singkat, halaman disclaimer ataua bentuk pernyataan atau penyengkalan yang dibuat bertujuan untuk melindungi pemilik website ataupun bloh yang menjadi sumber pemberi informasi. Dalam halaman Diclaimer, pengunjung blog kita akan dianggap menerima syarat dan ketentuan yang berlaku dalam blog secara otomatis.

About

Halaman ini memiliki peran yang sangat tinggi dalam sebuah blog, jika diatas kita sudah membahas tentang Contact Us yang sangat penting, maka halama about adalah yang terpenting, dalam halaman about ini, kita diwajibkan untuk mengisi profil diri atau biodata singkat kita sebagai pemiliki blog. 

Pada halaman about ini, baiknya kita mengisi dengan rincian singkat tentang diri dan juga blog yang kita kelola. 

Atau jika kita seorang pebisinis, halaman about ini akan sangat efektif jika kita isi dengan profil perusahaan yang kita jalankan. 

Manfaat dari membuat halaman about ini adalah, pengunjung blog kita akan semakin percaya dan bisa saja menjalin komunikasi bisnis yang lebih dalam. 

Sitemap

Pada halaman sitemaps, atau daftar isi kita bisa memanfaatnya untuk membantu search engine mengetahui isi dari blog kita. 

Manfaat jika kita memasang sitemaps pada blog, kita akan dengan mudah ditemukan oleh search engine. Dalam artian lain, blog kita akan lebih cepat di index oleh mesin pencari. 

Sedangkan manfaat untuk pengunjung blog kita, mereka bisa dengan mudah menemukan apa saja yang mereka butuhkan di blog kita, tanpa harus lama mencari. 

Site maps sangat bermanfaat untuk blog yang kita bangun, diantar keuntunganya adalah pengunjung akan betah berlama-lama mengunjung blog kita. Yang tentu saja akan menurunkan bounce rate. 


Oke, setelah kita mengetahui halaman apa saja yang wajib ada di blog kita. Pad artikel selanjutnya kita akan belajar cara mengatur dan membuat halaman-halaman itu berada di blog kita.

Tetap tunggu update selanjutnya yah!