Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menulis Judul Artikel Yang Baik Untuk Pemula

Sebelumnya, saya sudah membahas semua tentang blog, dan saya rangkum dalam sebuah modul pembelajaran sederhana, yang bisa kalian baca disini, pada artikel kali ini akan sedikit mengulas cara mudah menulis artikel yang baik untuk pemula.
Cara Mudah Menulis Judul Artikel Yang Baik Untuk Pemula


Menulis artikel memang mudah, tapi membuatnya menarik adalah hal lain yang mesti kamu pelajari. Kenapa mudian kita harus membuat artikel yang menarik? Karena artikel yang menarik perhatian dan memiliki sisi manfaat yang tinggi akan sangat di sukai google sebagai mesin pencari, dimana nantinya google akan selalu merekomendasikan website kita di halaman paling atas, atau kita biasanya menyebutnya page one.
Nah pembahasan kali ini kita akan belajar tentang cara menentukan judul artikel yang akan kita buat, kenapa harus judul yang dibahas? Ahhh banyak tanya! Udah tinggal di baca dulu saja, hehehehe.
Baiklah, akan saya jawab singkat yah. Kenapa harus judul yang kita bahas terlebih dahulu? Bukan langsung masuk ke cara membuat konten yang baik? Jawabanya adalah karena judul  bisa menjadi alat untuk mengundang orang-orang agar membaca artikel kita.
Maka dari itu, kita harus membahas judul terlebih dahulu, karena akan sangat berpengaruh pada trafik pengunjung.
Untuk membuat judul artikel, kamu bisa memperhatikan beberapa hal yang mesti kamu lakukan dibawah ini :
  •           Pelajari Judul Artikel dengan Niche Yang Sama Dari Blog Lain
  •           Duplikasi jenis judul yang menarik perhatian Anda
  •           Latihan menulis judul blog
  •           Menggunakan kata kunci

Jangan katakan saya salah, ketika kamu harus memperhatikan beberapa hal diatas, karena itu sudah menjadi standar internasional. Mari saya perjelas maksud dari hal yang mesti kamu perhatikan diatas.

Pelajari Judul Artikel dengan Niche Yang Sama Dari Blog Lain

Musuh terbaik adalah musuh yang memiliki tingkat strategi perang yang jauh lebih baik dari kita, karena dengan begitu kita bisa mempelajari bagaimana dia mengatur strategi dan berperang. Walaupun pada akhirnya kita kalah telak.
Sama seperti menulis artikel, kamu juga harus memperhatikan setiap judul artikel dari blog lain yang memiliki kesamaan tema dengan website yang kamu kelola. Untuk melakukanya, kamu bisa survei dan mempelajari setiap judul artikel di website-website besar yang sudah memiliki nama.
Ingat hanya pelajari judulnya saja, bukan kontenya.
Masih bingung cara membuat judul artikel dengan metode ini? Oke, mungkin kamu perlu diberikan contoh judul sedikit untuk membuka ide kreatif yang lama terpendam. Berikut daftar judul yang biasanya sering digunakan oleh situs – situs besar.

Menggunakan Judul blog dengan menautkan “angka” :

Pada metode pembuatan judul ini, kamu bisa menautkan atau meletakan angka dalam judul artikel, pengunaan metode ini biasanya digunakan untuk nicher/tema tentang daftar dari sebuah benda atau lainnya. Sebagai contoh :
-          7 Peristiwa Mengherankan Saat Manusia Tidak Minum Kopi Selama 7 Hari, atau
-          8 Peti karung bajak laut yang tersebar di Daratan Maluku ternyata berisi peta nusantara

Menggunakan Judul blog dengan “Cara” :

Metode pembuatan judul artikel ini biasanya digunakan untuk artikel yang memiliki niche/tema tentang tutorial atau hal lain yang bisa dijelaskan cara pembuatannya atau prosesnya. Contoh dari judul yang dibuatamenggunakan metode ini adalah :
  • Cara menaklukan Hati Penulis Artikel Agar Bisa Ngonten Gratis
  • Cara Menanak Nasi Menggunakan Magicom
  • Cara Memasang Kartu Memori Di Smartphone
  • Cara Bernafas dari Hidung
Dan banyak hal lainnya, kamu mungkin sudah bisa mempraktekanya sekarang.

Menggunakan Judul Artikel dengan “Famous Comparisson”:

Pada metode pembuatan judul artikel ini, kamu bisa menautkan nama seseorang yang terkenal, atau yang sedang viral bulan-bulan ini, agar dapat menarik perhatian banyak pengunjung. Contoh judul artikel nya adalah :
  • Baim Wong Dan Buku Terbit Terlarisnya
  • Sophia Latjuba memberikan Tips Ini Untuk Perawatan Wajah!
  • Uzumaki Naruto Pernah membaca artikel ini Dan Komentar.
Ingat, kamu harus menautkan orang-orang yang memiliki pengaruh besar dalam dunia sosial media ataupun publik figure seperti artis.

Latihan menulis judul Artikel

Tak ada yang bisa menyangi hasil dari sebuah latihan, jika kamu bisa konsisten dalam belajar dan latihan untuk menulis judul artikel. Saya yakin kamu akan sangat dengan mudah menemukan judul artikel yang cocok untuk tulisan kamu nanti.

Menggunakan kata kunci

Janga remehkan kekuatan kata kunci, karena kata kunci memiliki nilai 65% dari total 100 % kemungkinan penggunan mengunjungi website kita. Kenapa bisa seperti itu? Karena orang-orang cenderung mencari sesuatu dengan mengunakan kata kunci atau sebuah kata singkat. Seperti contohnya 
  • Jual Kamera Mirorless
  • Cara Mudah Menulis
  • Tips Cari Kerja
Dan masih banyak lainnya, contoh simple dari judul artikel yang menggunakan kata kunci, kamu bsia melihatnya dibawah ini :
  • Jual Madu Murah Kualitas Terjamin
  • Madu Hutan Murah Awet dan Bekhasiat
Dan masih banyak lainnya, agar lebih efektik, kita kudu  menentukan kata kunci  agar terlihat lebih profesional dan tidak merusak judul artikel.
Oke sekian dulu artikel dari saya tentang Cara Mudah Menulis Artikel Yang Baik Untuk Pemula, semoga bermanfaat yah!

Berlangganan via Email