Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat blog gratis yang menarik

Pada pembahasan sebelumnya, kita telah belajar melakukan beberapa riset sebagai Langkah Awal Cara Membuat Blog Yang Menarik, sekarang kita akan langsung turun membuat sebuah blog dengan hasil riset yang sudah kita lakukan sebelumnya pada artikel yang membahas tentang Langkah Awal Cara Membuat Blog Yang Menarik.

Cara membuat blog akan menjadi sangat mudah jika kita memahami dengan baik, langkah demi langkah cara pembuatan yang baik dan akan sulit jika belum mengetahui langkahnya.

Cara membuat blog gratis yang menarik

Untuk langkah awal dalam pembuatan blog, saya anggap semuanya sudah mengerti atau jika ada yang belum mengerti bisa melihat langkah-langkahnya dibawah ini.

1.       Masuk ke site www.google.com

Cara membuat blog gratis yang menarik

Selanjutnya perhatikan anak panah merah yang mengarah keatas, kita bisa pilih bagian itu dan akan keluar menu login, pehatikan gambar dibawah ini.

Cara membuat blog gratis yang menarik

Setelah itu kita bisa langsung memilih tambah akun lainnya, selanjutnya akan tampil Form login seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Cara membuat blog gratis yang menarik

Masukan email dan password gmail yang telah kita siapkan, jika belum memiliki gmail kalian bisa melihat caranya disini, setelah berhasil masuk ke akun gmail, kita bisa langsung membuat blog dengan mengunjungi site nya di www.blogger.com. Tampilan awal blogger akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Cara membuat blog gratis yang menarik

Jika melihat gambar diatas, kita mestinya sudah paham apa yang pertama kali harus di isi, yaitu Judul Blog atau niche yang sudah pernah kita riset pada artikel sebelumnya Langkah Awal Cara Membuat Blog Yang Menarik. Kita bisa menggunakan hasil riset itu atau melakukan riset terbaru. Daftar niche yang saya remokendasaikan pada artikel sebelumnya adalah :

·         Finance

·         Kuliner

·         Parenting 

·         Wisata & Travel

·         Teknologi

·         Beauty (Kecantikan)

·         Game Online

·         Edukasi

·         Otomotif

·         Kesehatan

Kalian boleh memilih salah satu niche yang menurut kalian hasil risetnya sangat bagus, sebagai contoh saya akan membuat blog Niche “Game Online” jadi pada judul blog saya akan mengisi seperti terlihat pada gambar dibawah ini

Cara membuat blog gratis yang menarik

Setelah itu pilih next/selanjutnya untuk melanjutkan proses pembuatan, kalian bisa memperhatikan gambar dibawah ini.

Cara membuat blog gratis yang menarik

Pada gambar diatas, kita sudah pahamkan apa yang harus di isi? Iyah Url blog kita.

Seperti pada pembahasan artikel sebelumnya, untuk menentukan sebuah url ada dua metode yaitu :

·         Brand On Domain, dan

·         SEO on Domain

Untuk lebih mengetahui lebih jelas dua metode diatas, kamu bisa membaca ulang artikelnya disini, atau nanti saya akan membuat artikel khusus untuk pembahasan dua metode diatas.

Sebagai contoh, saya akan memilih SEO on Domain dan akan membuat url blog seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Cara membuat blog gratis yang menarik

Setelah kita membuat urlnya, kita bisa melanjutnya dengan memilih next, pada langkah selanjutnya kita akan di minta untuk mengisi nama blogger pfofile, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Cara membuat blog gratis yang menarik

Nama pada Blogger profile akan tampil pada setiap postingan artikel yang kita pasang di blog nantinya, itu akan menjadi identitas pemiliki sekaligus penulis blog.

Pada contoh blog kali ini saya akan membuat nama blogger profil sebagai “Toxic Gamer” setelah di isi, lanjutkan prosesnya dengan memilih Finish.

Dan dibawah ini adalah tampilan halaman utama blogger yang sudah kita buat.

Cara membuat blog gratis yang menarik

Oke, setelah kita berhasil membuat blog. Langkah selanjutnya dalam membangun sebuah blog adalah memasang template yang responsive dan SEO Friendly.

Kita akan membahas tentang cara mencari dan measang template blog yang responsive dan SEO Friendly pada artikel selanjutnya.

Terimakasih dan semoga bermanfaat!