Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Lengkap Membuat Halaman About, Contact Disclaimer, Privacy dan Sitemap di Blogger

Pada artikel sebelumnya kita telah belajar banyak  tentang DaftarLima Halaman Penting Yang Wajib Ada Selanjutnya kita akan belajar cara membuatnya.

Buat kamu yang belum sempat membaca tutorial Belajar blog ini dari awal, bisa membaca artikel sebelumnya disini :

  1. Langkah Awal Cara Membuat Blog Yang Menarik
  2. Cara membuat blog gratis yang menarik dan menghasilkan uang
  3. Cara Download dan Memasang Template Blog SEO Friendly Responsive gratis
  4. Daftar Lima Halaman Penting Yang Wajib Ada

Sebelum melanjutkan membaca artikel tentang Cara Lengkap Membuat Halaman About, Contact Disclaimer, Privacy dan Sitemap di Blogger ada baiknya membaca artikel sebelumnya agar bisa lebih dipahami.

Apa pentingnya halaman About, Contact, Disclaimer, Privacy dan Sitemap di Blogger? 

Membuat halaman yang berisi tentang About, Contact, Disclaimer, Privacy dan Sitemap di Blogger adalah hal wajib yang mesti dan kudu kita lakukan, apalagi kalau tujuan kita membangun blog adalah untuk di daftarkan sebagai mitra Google Adsense.

Sudah membuat halaman About, Contact, Disclaimer, Privacy dan Sitemap di Blogger? Kalau belum kalian bisa mengikuti tutotrial dibawah ini sampai selesai yah!

Apa itu halaman About, Contact, Disclaimer, Privacy dan Sitemap di Blogger? 

Halaman About, Contact, Disclaimer, Privacy dan Sitemap di Blogger merupakan halaman statis blog, halaman statis itu artinya halaman ini tidak menyatu dengan postingan dan memiliki tempat tersendiri dan sangat khusus.

Dikatakan khusus, karena jika kita tidak menampilkan Link halaman kita, pengunjung tidak akan bisa mengetahui dan menemukan halaman itu.

Penempatan halaman About, Contact, Disclaimer, Privacy dan Sitemap di Blogger biasanya di letakan di bagian menu header paling atas, bisa juga di menu footer, pada beberapa blog biasa juga di jumpai halaman ini berada di sidebar blog.

Penempatan halaman ini sebenarnya tidak diatur khusus oleh goolgle, tergantung dari selera pemiliki blog, tapi jika target kita sebagai pemiliki blog adalah kepercayaan dari pengunjung blog, maka menempatkan halaman About, Contact, Disclaimer, Privacy dan Sitemap di Blogger di bagian Menu Header dan Footer adalah pilihan yang terbaik.

Cara Lengkap Membuat Halaman About, Contact Disclaimer, Privacy dan Sitemap di Blogger

Cara Membuat Halaman About 

Membuat halaman About atau biasa juga dikenal dengan nama “Tentang Kami sangat mudah.

Untuk materi atau konten dari About ini tergantung dari profil kita atau usaha kita. Biasanya para blogger memberikan beberapa informasi seperti dibawah ini :

  • Tentang Pemilik Blog
  • Deskripsi Singkat Blog, dan
  • informasi Contact Person

Contoh halaman About, bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini :

Cara Lengkap Membuat Halaman About, Contact Disclaimer, Privacy dan Sitemap di Blogger

Cara membuatnya:

1.     Login ke Blogger 

2. Pilih Menu Halaman/Page 

Cara Lengkap Membuat Halaman About, Contact Disclaimer, Privacy dan Sitemap di Blogger


3. Pilih Halman Baru/New Page 

Cara Lengkap Membuat Halaman About, Contact Disclaimer, Privacy dan Sitemap di Blogger


4. Isikan Judul Halaman, dalam contoh ini adalah About/Tentang Kami

5. Selanjutnya, kita tinggal mengisi konten dengan jelas seperti yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya.

Cara Membuat Halaman Kontak atau Contact Us

Halaman Contact merupakan salah satu halaman yang sangat penting, karena halaman ini dapat menjadi jalan penghubung antar kita dan pengunjung website/blog kita secara langsung.

Dalam Halaman Contact Us, kita bisa juga menyematkan informasi tambahan agar pengunjung kita bisa lebih mudah dalam menghubungi kita, contohnya membambahkan link sosial media seperti :=

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • Email

Atau kita juga bisa langsung  menghubungkan pengunjung dengan menyematkan nomor Hanphone kita. Dalam halaman contact ini juga kita bisa membuat sebuah form agar pengunjung bisa mengisi hal-hal yang ingin ditanyakan atau pun juga untuk keperluan bisnis.

Cara Membuatnya:

Cara membuat halaman contact us, sama saja seperti pada pembuatan halaman About, yang membedakan hanya judul dan isi kontenya saja.

Atau kalau kamu ingin memberikan pengalaman berbeda kepada penggunjung, kamu bisa membaca artikel tentang cara membuat halaman kontak yang keren di blog disini

Cara Membuat Halaman Disclaimer 

Pada artikel sebelumnya yang membahas tentang Daftar Lima Halaman Penting Yang Wajib Ada kita sudah paham bahwa halaman disclaimer berisi tentang informasi yang menyatakan bahwa kita terlepas dari hal-hal yang mengakibatkan kita terkena hukum atau tuntutan. Karena kita sebagai pemiliki blog hanya memberikan informasi.

Untuk cara membuat halaman Disclaimer ini bisa kamu baca tutorial pada artikel dibawah ini :

-        Cara Membuat Disclaimer Untuk Blogger Pemula

Cara Membuat Halaman Privacy Policy

Halaman ini dibuat dengan tujuan agar blog yang kita buat memiliki kekuatan hukum, pada halaman privacy Policy ini biasanya berisi tentang beberapa catatan pengelolaan blog yang perlu dan wajib diketahui oleh pembaca.

Cara buatnya bisa kalian baca pada artikel dibawah ini :

Cara Membuat Privacy Policy Untuk Blogger Pemula

Cara Membuat Halaman Sitemap di Blogger

Halaman sitemaps ini bisa disebutnya sebagai peta situs, dimana dalam halaman ini berisi semua daftar postingan yang sudah kita publikasikan.

Manfaat dari dibuatnya Halaman Sitemaps  ini adalah untuk memudahkan pengunjung memilih artikel yang ingin mereka baca.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Kalian bisa membaca tutorialnya pada artikel dibawah ini :

-          Cara Membuat Sitemap Sederhana Mudah Untuk Blogger Pemula

Halaman Sitemaps sangat penting untuk dibuat yah, tapi sebelum membuat site maps ada baiknya kalian membuat postingan artikel yang cukup.

Oke sekian artikel dari saya tentang Cara Lengkap Membuat Halaman About, Contact Disclaimer, Privacy dan Sitemap di Blogger, semoga bermanfaat dan bisa menjadi rujukan kamu dalam mencari informasi tentang tutorial blog yah!

Artikel selanjutnya, kita akan belajar cara membuat artikel yang bisa langsung di index google dan menjadi peringkat pertama google.