Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Import Dan Export Data Blog Untuk pemula

 Kamu sudah masuk tahap lebih tinggi dalam belajar blog, kali ini kamu akan belajar tentang Cara Import Dan Export Data Blog Untuk pemula cara ini bisa kamu manfaatkan jika kamu sudah memiliki banyak postingan blog dan ingin migrasi atau pindah ke blog baru. Syarat yang harus kamu penuhi sebelum pindah blog baru adalah :
  • Blog kamu Sudah memiliki banyak postingan
  • Blog kamu sudah memiliki banyak komentar di postingan
  • Blog kamu sudah memiliki umur yang cukup tua
Kenapa seperti itu? Agar efek migrasinya terasa, kalau hanya beberapa artikel dan beberapa komentar yang ada di blog apalagi blog kamu masih baru. Rasa-rasanya kamu tidak perlu migrasi.
Cara Import Dan Export Data Blog Untuk pemula
Lalu bagaimana caranya migrasi? Migrasi dari blog lama ke blog baru bisa kamu lakukan dengan melakukan Export dan Import data blog.
Memag data yang harus kita Import dan Export yang seperti sih? Kita bisa export dan import data dibawah ini :
  • Artikel
  • Komentar, dan
  • Halaman Blogspot
Data diatas, bisa kamu gunakan untuk migrasi dari blog lama ke blog yang baru.

Manfaat Lain dari Export dan Import Data Blog

Manfaat lainnya dari Export dan Import data blog adalah, untuk menjaga data blog kamu tetap aman, seperti kita ketahui bersama blogspot kadang suka memiliki bug yang akan tiba-tiba menghapus artikel kita yang sudah lama.
Hal ini terjadi jika kita terlalu banyak mengisi blog dengan artikel hingga overload, data yang kita selamatkan itu bisa kita amankan di blog baru.

Langkah Untuk  Export Data Blog

Export / Backup Blogspot

Untuk menjalan Export data blog, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Masuk Ke Dasbord Blogger

Langkah yang pertama ini kamu sudah bisa kan, setelah masuk ke dasbord blogger kamu bisa langsung masuk ke menu settings/setelan, pehaatikan gambar dibawah ini :
Cara Import Dan Export Data Blog Untuk pemula
Setelah itu kamu pilih menu pengaturan untuk Backup data, kemudian pilih Cadangkan Konten/Backup Content seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :
Cara Import Dan Export Data Blog Untuk pemula
Setelah itu akan muncul gambar seperti di bawah ini, kamu bisa langsung pilih download.

Setelah kamu download, kamu bisa menyimpannya di tempat yang kamu inginkan, perhatikan gambar dibawah ini :
Cara Import Dan Export Data Blog Untuk pemula
Setelah proses download selesai, maka selesai pula proses backup nya, mudah bukan?
Perlu di ingat lagi, bahwa fungsi dari backup blog ini adalah untuk migrasi blog atau sekedar mengamankan data blog kita yang sewaktu-waktu bisa terjadi eror kapan pun.

Langkah Untuk  Import Data Blog

Import Blogspot

Langkah untuk import data blog, lebih mudah lagi!
Karena kamu tinggal upload saja data yang sudah di backup tadi, dan semua data di blog lama akan berpindah ke blog baru, untuk caranya bisa kamu ikuti dibawah ini :

Masuk Ke Dasbord Blogger:

Benar langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum bisa import data blog adalah dengan cara login ke dasboard blog kamu, caranya sudah tahu kan? Setelah masuk ke dasboard blog kamu bisa masuk ke menu seting/setelan dan pilih Import Konten/Import Content. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini :
Cara Import Dan Export Data Blog Untuk pemula
Setelah itu kamu bisa mulai mencari data blog yang sudah kamu backup tadi. Tapi sebelumnya, kamu harus melewati security check terlebih dahulu, yaitu dengan merevikasi bahwa kamu bukan lah robot dengan memilih ceklis, baru kemudian kamu bisa pilih Import. Perhatikan gambar dibawah ini :
Cara Import Dan Export Data Blog Untuk pemula
Pada gambar diatas, ada pilihan untuk mempublikasikan secara otomatis atau tidak, itu bisa kamu pilih utuk mempublikaisikannya secara otomatis atau tidak.
Setelah itu, kamu bisa langsung mencari data backup blog yang ingin kamu import, kamu bisa melihat gambarnya dibawah ini
Cara Import Dan Export Data Blog Untuk pemula
Tunggu sampai proses Mengimport selesai, berikut adalah gambar dari proses import Data Blog
Cara Import Dan Export Data Blog Untuk pemula
Setelah proses import selesai kamu bisa langsung tekan F5 untuk merefresh halaman blog kamu, jika berhasil kamu akan melihat jumlah postinga yang bertambah seperti pada gambar dibawah ini.
Cara Import Dan Export Data Blog Untuk pemula


Oke berikut di atas adalah artikel saya tentang Cara Import Dan Export Data Blog Untuk pemula, Semoga bermanfaat dan membantu kamu yah!