Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Belajar Mengenal Menu Tata Letak Dan Fungsinya pada Dashboard Blog

Buat kalian yang baru megikuti tutorial dari belajar blog dariawal, kamu bisa membaca artikel-artikel terkait belajar blog dari awal disini  kalau kalian sudah mengikuti dari awal, mari kita belajar materi selanjutnya yaitu Belajar Mengenal Menu Tata Letak Dan Fungsinya pada Dashboard Blog. Sebelumnya, terimakasih untuk kamu yang sudah berjuang sampai sekarang. Kamu akan menjadi blogger sukses saya yakin itu!

Belajar Mengenal Menu Tata Letak Dan Fungsinya pada Dashboard Blog

Mungkin kamu tidak merasa perlu untuk belajar dan mengena menu tata letak ini, tapi sebenarnya sangat penting. Karena menu tata letak ini merupakan salah satu tempat untuk memasukan kode iklan adsense yang nantinya akan bisa membuat blog kamu menghasilkan uang. Jadi sangat perlu sekali untuk mempelajari dan mengenal menu tata letak yang ada pada blog.

Tentang menu Layout pada dashboard blog ?

Belajar Mengenal Menu Tata Letak  Dan Fungsinya pada Dashboard Blog
Menu layout atau tata letak ini kita membuat beberapa pengaturan atau penyesuaian terkait elemen-elemen yang terdapat pada blog. Pada menu tata letak, kamu akan bisa melakukan banyak hal, seperti menghapus widget dan menambahkanya atau merubah posisi widget pada bagian tertentu. Pada artikle selanjutnya kita akan belajar cara menghapus widget dan menambahkanya atau merubah posisi widget pada bagian tertentu.
http://www.blogspotku.com/2020/08/belajar-ngeblog-dari-nol-bareng-sama.html
Coba perhatikan gambar diatas, disana kamu akan banyak menemui pengaturan widget yang sudah terpasang, pada umumnya widget yang biasa terpasang adalah sebagai berikut :

Widget blog  archive

Widget ini sangat berguna unutk menampilkan kumpulan artikel yang telah kita buat, dengan memasang widget ini kita juga bisa menampilkan informasi seperti :
  • Tanggal Pembuatan Artikel
  • Judul Artikel
Dimana ini akan memudahkan pengunjung blog kita untuk mencari artikel yang mereka butuhkanm sesuai dengan judul artikel dan tanggal pembuatanya

Widget Labels

Widget ini berfungsi untuk membuat artikel kita tersusun dengan rapih dalam kategori label yang sudah kita buat, dengan memasang widget ini kamu akan dapat menampilkan postingan yang rapi di bagian sidebar dimana kamu meletakan widget ini.
Widget ini juga akan memudahkan pengunjung kamu menemukan artikel yang ingin mereka baca sesuai dengan kategori label masing-masing.

Widget Popular post

Widget yang satu ini sangat bermanfaat, kamu bisa memanfaatkan widget ini untuk memberitahu pengunjung kamu artikel yang mana saya yang paling sering dibaca dan menjadi favorit pengunjung lainnya.

Widget Recent Post

Widget yang ini, dimanfaatka untuk menampilkan artikel terbaru yang kita posting. Jadi para pengunjung tidak akan pernah ketinggalan update artikel yang kamu buat.

Widget Laman

Pada beberapa template blogger bawaan, banyak yang tidak menyediakan menu navigasi yang baik, dan solusinya adalah memasang widget laman. Dengan memasang widget laman ini kita bisa menampilkan halaman yang sudah kita buat seperti About, Contact, Privacy dan Sitemap juga menu lainnya di bagian bawah header. Jika kamu menampilkan menu navigasi yang baik, orang-orang akan menilai blog kamu profesional dan mendapat nilai positif juga dari mesin pencari google.

Widget Search

Widget ini bisa kamu letakan dibagian bahwah header juga, biasanya widget search sudah ada pada template tertentu. Tapi jika tidak ada kamu harus membuatnya.
Karena manfaat dari widget ini sangat besar untuk pengunjung blog kamu, dengan menggunakan widget search ini mereka dapat mencari artikel dengan mudah.
Oke sekian, artikel dari saya tentang Belajar Mengenal Menu Tata Letak  Dan Fungsinya pada Dashboard Blog, semoga membantu kamu dalam mencari informasi yah! Terimakasih!