Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Dan Mengenal Perbedaan Laman dan Post

Sebagian orang mungkin akan bertanya tentang fungsi halaman pada blog dan apa pebedaan mendasar antara laman dan post, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang perbedaan dari laman dan post.
Sebelum memulai pembahasanya, mungkin kamu perlu membaca modul pembalajaran blog untuk pemula disini dalam modul itu kamu bisa mendapatkan tutorial tentang blog dari awal. Oke, kita langsung saja masuk ke pembahasanya!

Belajar Dan Mengenal Perbedaan Laman dan Post

Belajar Dan Mengenal Perbedaan Laman dan Post
Jika dilihat sekilas, tidak ada perbedaan yang terlihat antara laman dan post, karena fungsi nya sama saja, yaitu untuk membuat dan menerbitkan konten pada blog kita. Tapi jika dilihat lebih detail, kamu akan melihat perbedaan yang sangat jelas! Berikut dibawah ini adalah perbedaan dari laman dan post .

Apa itu fungsi Laman ?

Sederhananya laman atau biasa di kenal dengan halaman statis / static page merupakan sebuah fitur dari blogger yang dapat membuat halaman-halaman terkait dari blog yang kita kelola.  Pada halaman yang wajib dan umum dibuat sendiri ada 4 yaitu
  • Tentang kami (About us)
  • Kebijakan Privasi (Privacy Policy)
  • Sanggahan (Disclaimer)
  • Hubungi kami (Contact Us)
Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas tentang cara membuat ke empat halaman tersebut, kalian bisa membaca artikelnya disini

Perbedaan laman dan post ?

Interface atau antarmuka dari halaman pembuatan laman dan post juga tidak jauh berbeda, masing-masing memiliki fitur yang sama, yang membedakanya hanya menu-menu seting yang disediakan pada halaman pembuatan laman tidak selengkap pada halaman pembuatan post.
Untuk memudahkan kamu mengerti dan memahami perbedaan nya, berikut dibawah ini adalah perbedaan yang ada pada laman dan post : 

Perbedaan laman dan post (Toolbar dan Settings)

Perbedaan mendasar akan jelas terlihat, pada tabel dibawah ini. Dukungan dan fitur blog akan lebih lengkap pada halaman pembuatan postingan dari pada halaman pembuat laman.
Dukungan / Fitur
Laman
Post
Menu Toolbar
Full
Full
Setting Label
TIDAK ADA
ADA
Setting Penjadwalan
TIDAK ADA
ADA
Setting Custom Url
TIDAK ADA
ADA
Setting Lokasi
TIDAK ADA
ADA
Setting Deskripsi Penelusuran
ADA
ADA
Setting Pilihan
ADA
ADA


Perbedaan laman dan post (URL):

Sedangkan pada perbedaan URL / alamat hampir tidak ada yang membedakanya, karena masing-masing memiliki extensi atau jenis file yang sama. Yang membedakanya hanyalah pada urutan url yang di miliki nya saya, sebagai contoh berikut dibawah ini adalah perbedaan url dari laman dan post
Laman   http://namablog.blogspot.com/p/judul-laman.html
Post       http://namablog.blogspot.com/tahun/bulan/judul-post.html
Jika dilihat lebih detail, kamu akan menemukan perbedaanya bukan. Perbedaaannya bisa kamu lihat pada urutanya, jika pada laman urutanya adalah :
/Nama bLog /P/judul halaman
Sementara pada postingan akan lebih panjang lagi, berikut susunannya :
/Nama blog/tahun/bulan/judul postingan
Perbedaan lainnya adalah, pada laman kamu tidak bisa memasukanya kedalam menu seperti :
  • Label
  • Kategori
  • Halaman depan
Salah satu cara agar halaman kamu bisa dilihat dan dikunjungi adalah memasukanya kedalam menu navigasi dengan memasukan link/url laman yang kita buat. Sudah tau cara memasukanya? Mungkin nanti pada artikel selanjutnya kita akan membahas lebih detail yah!
Oke, sekian dari saya artikel tentang Belajar Dan Mengenal Perbedaan Laman dan Post, semoga dapat membantu kamu dalam mencari informasi yang kamu butuhkan yah!