Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Cara Setting Post dan Komentar Blog Untuk Pemula

Banyak yang abai banget nih, soal pengaturan post dan komentar. Padahal penting banget loh! Kalau kita tidak mengatur post dan komentar dengan baik, blog kita bisa menjadi salah satu yang terburuk di dunia. Dengan mengatur post dan komentar juga akan membuat kamu lebih mudah untuk mengontrol postingan dan komentar yang ada di  blog.
Belajar Cara Setting Post dan Komentar Blog Untuk Pemula

Nah pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang apa aja sih yang kamu kudu ketahui dan dimana kamu bisa mengatur postingan di blog. Yuk kita bahas dibawah!

Belajar Cara Setting Post dan Komentar Blog Untuk Pemula

Cara termudah untuk seting post dan komentar adalah dengan mengikuti petunjuk yang akan saya sampaikan dibawah ini :

Login Ke Dasbord Blog

Sebenarnya hal ini tidak perlu disampaikan lebih jauh, tapi karena ini blog tentang edukasi, ada baiknya dijelaskan sedikit.
Kamu bisa login terlebih dahulu ke dasbord blog kamu, caranya bisa kamu baca disini jika sudah login, kamu bisa langsung masuk ke menu pengaturan atau seting, kamu bisa melihat gambarnya dibawah ini :
Belajar Cara Setting Post dan Komentar Blog Untuk Pemula
Setelah masuk ke pengatruan tau seting, kamu bisa langsung mengarahkan kursor mouse kebawah dan kamu akan melihat dua setingan yang di cari, yaitu Post/Postingan dan Comment/Komentar kamu bisa melihat gambarnya dibawah ini
Belajar Cara Setting Post dan Komentar Blog Untuk Pemula

Belajar Cara Setting Post dan Komentar Blog Untuk Pemula
Kamu bisa mengatur seberapa banyak postingan yang ingin kamu tampilkan di halaman utama blog kamu, sebagai contoh kamu bisa melihat gambar dibawah ini :
Belajar Cara Setting Post dan Komentar Blog Untuk Pemula
Pada gambar diatas, saya akan menampilkan sebanyak 20 artikel di halaman utama blog saya, kenapa? karena semakin banyak postingan yang tampil semakin banyak juga di kunjungi oleh pembaca.
Nah pada setingan komentar, kamu bisa menyeting kita-kita siapa saja yang bisa memberikan komentar di blog, kamu juga bisa memoderasi/menampung komentar terlebih dahulu sebelum di publikasikan. Hal ini bisa mencegah blog kamu diserang komentar spam dari obat peninggi badan atau santet online.
Pengaturan diatas, masih standar masih banyak sekali pengaturan lainnya yang bisa kamu gunakan, pada blogger versi baru yang sekarang saya gunakan, pengaturannya menjadi satu dan sangat bermanfaat sekali tapi mari kita bahas pengaturan tentang Post dan Komentarnya saja!

Pengaturan Postingan Di Blog

Dibawah ini akan dijelaskan pengaturan postingan di blog yang mungkin kamu butuhkan, simak baik baik yah!

Max posts shown on main page / Seberapa banyak Postingan yang ingin kamu tampilan di halaman utama

Di atas sudah saya jelaskan, bahwa semakin banyak kamu menampilkan artikel di halaman utama semakin besar juga kemungkinan untuk di baca pengunjung. Tapi standar yang digunakan oleh blogger nasional adalah 20 artikel, karena jika terlalu banyak loading blog kita akan menjadi lambat dan membuat pengunjung cepat merasa bosan.

Post template (optional) / Template Postingan

Dengan menggunakan pengaturan ini, kamu bisa membuat sebuah template tulisan yang akan selalu ada saat kamu menulis di blog. Untuk pengaturan ini kamu bisa memanfatkanya sebagai tanda tangan digital atau informasi kontak. Sebagai contoh lihat gambar dibawah ini :
Belajar Cara Setting Post dan Komentar Blog Untuk Pemula

Image lightbox

Pengaturan ini tidak terlalu penting, jadi mari kita lewatkan saja! Langsung masuk ke pengaturan komentar yuk!

Pengaturan Komentar Di Blog

Dibawah ini akan dijelaskan setingan dari Komentar di bloh, simak baik-baik yah!

Comment location / Letak Form Komentar

Pegaturan ini di gunakan untuk melatakan Form Komentar, pilihanya ada 4, yaitu :

Embedded

Meletakan tepat dibawah dan tidak bisa di pindahkan

Full page

Meletakannya di seluruh halaman blog

Popup window

Meletakanya di popup window blog kita

Hide

Menyembunyikan Komentar blog kita

Pengataruan komentar ini bisa kamu pilih salah satu yah!

Who can comment? / Siapa saja yang Bisa Komentar

Pada pengaturan ini kita akan diberi pilihan, siapa saja yang akan bisa komentar di blog kita, pilihannya ada tiga, yaitu :

Anyone (including anonymous)

Siapa saja, termasuk Anonymous. Setingan ini tidak disarankan, karena akan menjadikan blog kita sarang spam komentar seperti yang saya jelaskan diatas.

Users with Google Accounts

Pilihan ini, membuat komentar kita hanya bisa digunakan oleh mereka yang memiliki akun Google, pilihan ini bisa kamu gunakan,tapi juga harus selalu hati-hati

Only members of this blog

Pilihan ini, bisa kamu gunakan untuk mengaman blog kamu dan menaikan pengikut kamu juga, karena untuk bisa komentar di blog mereka harus menjadi member atau pengikut blog mu dulu.
Oke deh, sekian artikel dari saya tentang Belajar Cara Setting Post dan Komentar Blog Untuk Pemula, karena keterbatasan waktu. mohon maaf sebelumnya! Dan terimkasih!